Jakarta — PT BMW Indonesia meluncurkan BMW X6, mobil yang dibanderol Rp1,768 miliar off the road. Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, Selasa (18/12) mengatakan mobil ini menghadirkan sensasi berkendara yang nyaman dan bertenaga.

Hal itu berkat mesin yang dilengkapi teknologi BMW TwinPower Turbo serta sistem intelligent all-Wheel-drive xDrive, dan dynamic Performance Control.

Untuk eksteriornya, X6 dilengkapi lampu kabut berdesain matt finish sorrounds, dan sudut garis-garis grill menyambung dari bawah lampu depan, sehingga mempertegas lebar mobil.

Untuk yang pertama di kelasnya, mobil asal Jerman ini juga menggunakan adaptive LED headlamp serta dilengkapi velg 19 inci.

Masalah dapur pacunya, BMW X6 menggunakan mesin bensin dengan kapasitas 2.979 cc enam silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 306 Dk dan torsi 406 Nm.

Dengan mesin itu, tenaga disalurkan melalui transmisi sport delapan percepatan dengan menggunakan paddle shift pada roda kemudi. Mobil ini juga dilengkapi sistem navigasi profesional dengan voice control.

Penjualan Naik 41 Persen

BMW raih rekor pertumbuhan penjualannya sebesar 41% di Indonesia di tahun 2012 dengan perkiraan total penjualan melebihi 2.100 unit, naik dari 1.551 unit dibandingkan tahun 2011.

“2012 adalah tahun yang luar biasa buat BMW dan MINI di Indonesia,” ujar Ramesh.

Angka penjualan yang dicapai tersebut menjadikan 2012 sebagai tahun yang sangat sukses bagi BMW Group Indonesia. Minggu lalu, perusahaan juga mengumumkan keberhasilan penjualan merek MINI di Indonesia yang diharapkan akan meraih sekitar 360 unit tahun ini, atau rata-rata 1 unit per hari.

Pangsa pasar BMW di segmen mobil premium terus menerus tumbuh setiap tahun sejak 2008 dan mencapai 30% tahun ini. Tidak ada merek mobil premium Eropa lainnya yang mencatat hasil yang positif dan konsisten beberapa tahun belakangan ini.

“Sukses ini menunjukkan bahwa baik BMW dan MINI, produk dan layanan purna jualnya telah memenangkan lebih banyak konsumen di Indonesia,” tambah Ramesh.

Salah satu faktor sukses BMW adalah ekspansi kegiatan produksinya di Indonesia sejak 2011. BMW Seri 3 terbaru, BMW Seri 5, BMW X1 dan BMW X3 adalah empat model yang telah dirakit di Indonesia yang juga merupakan model-model yang mendorong pertumbuhan volume penjualan di tahun 2012 ini.

BMW Seri 3 memberikan kontribusi sebesar 34% dari total volume, diikuti oleh BMW Seri 5 dengan 29%, BMW X1 dengan 18% dan BMW X3 dengan 7%. Sisanya dibagi oleh model-model niche seperti BMW Seri 7, BMW Seri 6, BMW Seri 1, BMW X5, BMW X6 dan BMW Z4. (solopos.com/merdeka.com)

 

KOMENTAR