Massachusetts — Universitas Harvard menuliskan potongan ayat Al-Qur’an dari surat An-Nisa’ ayat 135 pada dinding pintu masuk utama kampus Fakultas Hukum. Tulisan itu sebagai bentuk ungkapan keadilan yang teragung dalam sejarah di dunia, demikian laporan sebuah surat kabar di Saudi, Ahad (13/1) lalu.

Tulisan potongan ayat Al-Qur’an surat An-Nisa’ pada dinding yang menghadap pintu masuk utama fakultas hukum universitas terkemuka dunia itu sengaja didedikasikan untuk ungkapan-ungkapan penting dan pedoman tentang keadilan.

Ayat yang terpampang adalah firman Allah SWT :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَى أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَى بِهِمَا فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَى أَنْ تَعْدِلُوا وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biar pun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau pun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Nisa’ : 135)

Adalah seorang mahasiswa asal Saudi yang tengah menempuh studi di Harvad, Abdullah Jum’ah, yang memotret tulisan ayat Al-Qur’an itu dengan kamera. Ia kemudian mengunggahnya ke situs media sosial Twitter.

“Saya melihat bahwa ayat ini ditulis oleh fakultas hukum, sebagai penggambaran keadilan yang paling agung dalam sejarah,” kata Abdullah Jum’ah.

“Jika kita melihat tafsir ayat mulia tersebut, kita akan dapatkan bahwa Allah SWT mengajak bicara kepada orang-orang mukmin dan meminta mereka untuk berbuat adil dalam segala hal, meskipun terhadap diri sendiri. Dan tidak boleh menyembunyikan persaksian apa pun yang nantinya terjadi. Dan dalam menerapkan keadilan, tidak boleh membedakan antara yang kaya dan yang miskin” tambahnya.

Harvard University didirikan di Cambridge, Massachusetts, AS, pada tahun 1636. Universitas ini merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat sekaligus paling bergengsi di dunia. (Muslim Daily/Seli)