Banda Aceh – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, pertumbuhan penduduk Aceh di 23 kabupaten/kota meningkat 2,32 persen setiap tahunnya.

“Penduduk Aceh setiap tahun tumbuh sebesar 2,32 persen,” kata Kepala BPS Aceh Syech Suhaimi, Kamis (5/8) di Banda Aceh.

Ia mengatakan, angka persentase itu jika dilihat dari jumlah penduduk Aceh pada 2005 hasil Sensus Penduduk Aceh Nias (SPAN) yang dilakukan masa BRR, yaitu jumlah penduduk Aceh sekitar 4.032.589 jiwa.

Selain itu, dari hasil Sensus Penduduk (SP) 2010, daerah yang paling banyak pertumbuhan penduduknya adalah Aceh Singkil, Aceh Jaya dan Kota Banda Aceh. Sedangkan daerah lain, kata dia, masih wajar meskipun ada daerah bencana akibat tsunami yang pertumbuhan penduduknya tidak wajar di atas angka 6 persen.

“Daerah itu tidak bisa saya sebutkan sekarang, tapi nanti disebutkan Gubernur Aceh pada sidang paripurna di DPRA tanggal 16 Agustus mendatang,” katanya.

Dari SP 2010 juga diketahui jumlah laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda. Menurutnya, jumlah laki-laki di Aceh masih di atas jumlah perempuan atau bisa dikatakan rasio jenis kelamin 100,3.

Kata Syech, untuk daerah paling banyak penduduknya berdasarkan SP 2010 masih ditepati Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, Pidie (dua kabupaten yaitu Pidie dan Pidie Jaya) dan Aceh Timur.(*/ha/bay)

KOMENTAR