Padjajaran — PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menjalin kerja sama dengan Airbus Military untuk memproduksi pesawat Airbus Military NC212-400 versi up-grade sebagai langkah lanjut dalam perjanjian jangka panjang mereka. Pesawat tersebut selanjutnya akan dinamai NC212 dan akan ditawarkan kepada pelanggan sipil serta militer.

“Kesepakatan kerjasama dalam pengembangan, manufacturing, komersialisasi dan dukungan pelanggan ini untuk memenangkan kompetisi memenuhi kebutuhan pasar di segmen pesawat kecil, baik untuk sipil, militer dan kargo,” jelas Direktur Utama PT DI, Budi Santoso kepada wartawan di kantor PT DI, Jln. Pajajaran Bandung, Kamis (8/11).

Dikatakannya, dalam kesepakatan PT DI dan Airbus Military akan bekerja bersama untuk memproduksi dan memasarkan NC212 up-grade ke seluruh dunia dengan menawarkan pesawat terbang sipil dan militer kelas kecil yang modern dan sangat kompetitif. Kerjasama ini akan memperkuat posisi PT DI sebagai industri pesawat terbang terdepan di wilayah Asia dan Pasifik.

NC212 up-grade ini adalah hasil langsung kedua dari “Teaming Agreement” yang ditandatangani oleh PT DI dan Airbus Military. Proyek kerja sama tersebut menjadi bagian dari proses revitalisasi PT DI melalui perjanjian kerja sama baru dalam NC212 up-grade dan pengembangan usahanya. Tujuannya mencapai kemitraan strategis jangka panjang antara PT DI dan Airbus Military dalam waktu dekat.

“Pesawat NC212 up-grade ini akan dilengkapi dengan avionik digital dan sistem autopilot terkini. Pesawat up-grade ini memiliki interior sipil terbaru yang mampu membawa sampai 28 penumpang. Versi yang ada saat ini hanya dapat membawa 25 penumpang, sehingga efisiensi biaya naik secara berarti,” katanya.

Potensi pasar pada segmen ini diperkirakan akan mencapai sekitar 400-450 unit pesawat dalam sepuluh tahun kedepan. Dipaparkannya, sebetulnya kerjasama dengan Airbus Military sudah sejak lama dilakukan. Bahkan sejak Oktober 2011, dua perusahaan ini telah menempatkan tim-tim kerja bersama difasilitasi PT DI di Bandung, dimana personil Airbus Military bekerja di dalam lokasi kerja PT DI.

Tim-tim ini bekerja dalam lingkup industrial dan komersial yang fokus pada penciptaan bisnis baru bagi kedua perusahaan tersebut dalam memajukan kemampuan produksi, proses rekayasa, teknologi informasi, dan transfer pengetahuan dalam rangka mendorong PT DI menjadi industri pesawat terbang kecil dan medium terkemuka di Asia dan Pasisik.

“Ini adalah bukti berikutnya tentang peningkatan kerjasama kami dengan Indonesia. Kami melihat masa depan NC212 yang kompetitif ini menjanjikan di banyak negara di dunia. Dengan dukungan yang berkesinambungan dari Pemerintah Indonesia, PT DI dan Airbus Military akan mampu meraih banyak hal bersama,” katanya. (klik-galamedia.com)

KOMENTAR