Langsa, Seputar Aceh – Inspeksi mendadak (Sidak) Walikota Langsa Zulkifli Zainon ke RSUD Langsa, Jumat (16/10), berbuah teguran. Kepada Direktur RSUD Langsa, Razib, walikota meminta agar RSUD Langsa dapat meningkatkan kebersihan di lingkungannya.

“Mungkin kendala yang dihadapi dalam penanganan kebersihan di RSUD Langsa ini di beberapa titik, dikarenakan masih minimnya tenaga kerja baik,” kata Zulkifli kepada sejumlah wartawan.

Wali kota juga menjelaskan, selama ini, biasanya setiap satu orang pasien biasanya dijaga oleh tiga hingga lima orang kerabatnya, sehingga sampah yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Namun, kepada pihak RSUD, Zulkifli meminta agar ke depan masalah itu dapat diselesaikan, misalnya dengan cara gotong royong.

“Ya, minimal dilakukan setiap hari Jumat, atau istilahnya Jumat bersih,” kata Zulkifli.

Begitu pula mengenai air bersih, untuk memenuhi ketersediaan air bersih di RSUD Langsa, wali kota meminta agar mesin penyaringan air bersih yang telah di pasang dilokasi belakang rumah sakit segera difungsikan.

Dalam kunjungan itu, selain meninjau ruang JPS, dapur, dan Instalasi penyediaan air bersih, wali kota juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan sejumlah pasien. [sa-smi]

KOMENTAR