Sabang, Seputar Aceh – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Helmy Ali, mengatakan untuk membangun dan mengembangkan pariwisata di Sabang dibutuhkan strategi dan dukungan dari berbagai komponen.

“Strategi dimaksud bagaimana cara menggerakan semua sumber daya pariwisata dengan tidak mengorbankan nilai-nilai agama, budaya, adat istiadat serta tidak merusak lingkungan hidup,” kata Helmy kepada Seputar Aceh Jumat, (16/10).

Selain itu, ia juga mengatakan usaha memajukan pariwisata Sabang tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata, tapi juga dibutuhkan usaha yang serius dari pengusaha dan masyarakat.

“Sebagai contoh, pemerintah menyiapkan peraturan, memberi kemudahan prasarana, ketersediaan lahan, keamanan, dan berbagai kegiatan pembentukan citra lainnya. Sementara pihak swasta melakukan  membangun fasilitas dan sarana ekonomi wisata,” kata Helmy.

Kepada masyarakat umumnya, kata Helmy, diharapan mampu menciptakan nuansa sapta pesona dalam kehidupan dan lingkungan. Menurutnya, pariwisata Sabang adalah peluang yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kalau ini berjalan, saya optimis dalam waktu singkat pariwisata Sabang mampu bersaing bahkan tidak tertutup kemungkinan lebih maju dari wisata daerah lain di Indonesia,” kata Helmy.[sa-hdn]

KOMENTAR