Seputaraceh

7 Destinasi Wisata Terpopuler Indonesia 2012

7 Destinasi Wisata Terpopuler Indonesia 2012
7 Destinasi Wisata Terpopuler Indonesia 2012

Industri pariwisata Indonesia masih memberikan ruang yang besar bagi para pelaku usaha dan investor asing yang ingin berinvestasi di industri ini. Pembangunan sektor pariwisata di Indonesia memiiki keunikan tersendiri disamping kekayaan Alam yang sangat indah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisman sampai dengan Oktober 2012 mencapai 6,58 juta orang atau naik 4.93 persen dibanding kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya, yang berjumlah 6,27 juta orang.

Untuk meningkatkan terus angka kunjungan wisman ke Indonesia, pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan. Permasalahan yang dihadapi dalam melakukan pengembangan kawasan wisata yang telah menjadi masalah mendasar, seperti kelemahan infrastruktur, sumber daya manusia, dan sebagainya.

Padahal keindahan pariwisata Indonesia diakui oleh dunia internasional dan saat ini sedang dikembangkan menjadi wisata Internasional. Dari berbagai destinasi wisata di Indonesia yang menawarkan keragaman dan keindahan alamnya.

Menurut hasil pengamatan dari Lembaga Pengembangan Bisnis dan Investasi Daerah (Lepmida) ada beberapa destinasi wisata di Indonesia telah menjadi tempat favorit dan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal serta mancanegara. Berikut ini adalah nama destinasi wisatanya:

Bali

Bali masih merupakan daya tarik bagi wisatawan asing dan menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, Bali merupakan tempat wisata paling terkenal di Indonesia dan juga dunia. dilihat dari hasil penilaian Bali memiliki latar belakang pemandangan alam yang luar biasa, dilanjutkan dengan keramahan penduduk dan budayanya.

Bali merupakan salah satu objek wisata andalan Indonesia, pulau yang begitu indah sehingga banyak orang menyebutnya Pulau Dewata.

Pulau Bali menyimpan objek wisata yang bagus dan salah satu yang terbaik di dunia, jadi tidak heran jika Pulau bali selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Beberapa objek wisata yang ada di Pulau Bali ialah: Tanah Lot, Bedugul, Pantai Kuta, Tanjung Benoa, Danau Batur, Pantai Sanur, Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan sebagainya.

Raja Ampat

Tujuan wisata di Indonesia Timur ini telah dikenal oleh Dunia karena alam bawahnya yang alami dan indah. Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua.

Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam dari negara asing yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Saat ini Raja Ampat menjadi salah satu daerah tujuan wisata terpopuler.

Danau Toba

Danau Toba memiliki wisata alam yang indah, disamping wisata spiritual, wisata sejarah, atau pun wisata kuliner. Suasana yang sejuk dan menyegarkan, serta hamparan air yang jernih menjadi daya tarik dari Danau Toba. Pemandangan yang mempesona dengan pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Toba yang mengagumkan.

Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu. Diperkirakan sekira 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan dari perut bumi melalui gunung tersebut saat meletus. Danau Toba kini menjadi salah satu tujuan wisata alam yang menarik di Nusantara.

Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi dengan status istimewa khusus bersama Daerah Istimewa Aceh. Yogyakarta yang lebih akrab dengan sebutan Jogja terkenal dengan sebutan Kota Pelajar.

Warisan Budaya dan kehidupan tradisional yang dimiliki oleh Yogyakarta menjadi daya tarik wisatawan datang kesini. Dengan masih mempertahankan sistem kesultanan Jogja tetap melestarikan seni budaya tradisionalnya. Ini menjadi daya tarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.

Wakatobi

Indonesia memiliki salah satu surga bawah laut paling indah di dunia, salah satunya ada di pulau Sulawesi. Surga bawah laut tersebut dikenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Wakatobi menjadi tempat menyelam paling indah di dunia.

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Lombok

Pulau Lombok terletak di sebelah timur Pulau Bali yg dipisahkan oleh selat Lombok dan berada di sebelah barat Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Alas, dengan Topografi alam didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya gunung berapi tertinggi nomor 3 di Indonesia.

Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu ikon Pariwisata Indonesia. Keindahan pulau-nya dengan Gunung Rinjani-nya yang terlihat Megah menjulang langit, keindahan pantai-pantai yang berpasir putih, kekayaan hayati yang luar biasa, dilengkapi lagi dengan pulau pulau kecil di tengah lautnya yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno serta beberapa gili – gili yang lainnya, juga keramahan masyarakat Sasak-nya, serta keunikan serta ragam budaya Sasak yang mampu membuat wisatawan berdecak kagum.

Pulau Komodo

Untuk menuju pulau Komodo dan pulau lainnya kita harus menuju Labuan Bajo, dahulu kota ini hanya dikenal sebagai desa nelayan dan sekarang menjelma menjadi daerah tujuan wisata yang eksotik selain Bali. Kian hari semakin banyak wisatawan singgah di Labuan Bajo. Para pelancong tidak hanya datang untuk melihat kadal raksasa Komodo saja tetapi juga untuk melanjutkan perjalanan darat sampai ke Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu dan berakhir di Maumere.

Sejumlah event internasional menjadikan tempat ini daerah yang wajib dikunjungi. Beberapa kapal pesiar dan kapal yacht dari negara asing setiap tahun berlabuh di pelabuhan ini. Daerah ini juga menyimpan kekayaan alam bawah laut yang sangat indah dan menarik bagi wisatawan.

Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang indah, saatnya menarik semua wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Indonesia. Dengan menjaga dan ikut mempromosikan, kita berharap ditahun yang akan datang lebih banyak lagi tempat wisata di Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata Internasional. (beritadaerah.com)

Belum ada komentar