Banda Aceh — Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam mengatakan bahwa provinsi ujung paling barat Indonesia ini siap menggelar Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada 17-18 April 2013 bulan depan.

“Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh telah siap menggelar Ujian Nasional (UN) 2013,” katanya kepada Waspada Online, Kamis (21/3).

Saat ini, paparnya, sosialisasi pelaksanaan UN dan pembentukan Panitia UN di tingkat provinsi dan kabupaten kota telah berjalan dengan baik. “Pada akhir bulan ini kita akan menggelar rapat terakhir untuk evaluasi pelaksanaan UN di Aceh,” ujarnya.

Ia menyebutkan, tahun 2013, jumlah siswa SMA sederajat di Aceh yang akan mengikut UN adalah 67.665 siswa. “Penyelenggaraan UN di Aceh dipastikan akan berlansung dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

Anas menerangkan, potensi dan kemungkinan terjadinya kebocoran soal tidak akan terjadi, hal ini dikarenakan proses pencetakan, pengawasan dan pengawalan distribusi soal, dari Jakarta ke Aceh, dan dari Aceh ke masing-masing kabupaten dan kota akan melibatkan kepolisian. “Kordinasi pengamanan soal sudah terbangun, dan di Aceh sendiri Polda Aceh dan Polres di kabupaten dan kota akan mengawal distribusi soal,” paparnya.

Menurutnya, target UN di Aceh diharapkan tahun ini peringkatnya lebih baik dari tahun sebelumnya. “Jika pada tahun kemarin peringkat kita masih 20 besar dari 33 provinsi, diharapkan tahun ini ada perbaikan, menjadi 15 besar,” tukasnya.

Dijelaskan, untuk mencapai perbaikan target tersebut, pihak Dinas Pendidikan di Kabupaten dan kota telah intensif melakukan pelatihan dan bimbingan kepada para siswa melalui kegiatan remedial. “UN tahun ini hanya dilakukan satu kali, jika ada yang berhalangan karena sakit, dan alasan-alasan logis lainnya, maka dapat mengikuti ujian susulan satu minggu setelah pelaksanaan UN,” jelasnya. (waspada.co.id)

KOMENTAR