Martina Fiani menarikan tarian Denok Semarangan pada acara One Indonesia Day di Kota Ansan, Korea Selatan (IST)
Martina Fiani menarikan tarian Denok Semarangan pada acara One Indonesia Day di Kota Ansan, Korea Selatan (IST)

ASOSIASI Duta Wisata Indonesia (Adwindo) ikut ambil bagian di acara One Indonesia Day, acara promosi pariwisata dan kebudayaan Indonesia yang berlangsung pada Minggu (31/8) di Kota Ansan, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Acara tahunan dari Komunitas Indonesia di Korea yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia. Pada Acara yang dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan dan Walikota Ansan ini Wakil 2 Duta Wisata Indonesia asal Jawa Tengah Martina Fiany mendapat kesempatan untuk menampilkan tarian Denok Semarangan

Ketua Umum Adwindo, Adi Pratama, dalam rilisnya kepada SeputarAceh.com, Senin (1/9/2014) meyakini bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

“Tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 9,5 juta wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, rasanya angka itu sangat mungkin kita capai. Korea Selatan merupakan salah satu negara yang bisa dijadikan target utama dalam meningkatkan kunjungan pariwisata kita. Ada Banyak hal yang memungkinkan warga Korea Selatan berkunjung ke Indonesia, mulai dari ekonomi warga Korea Selatan yang cukup mapan, Jarak yang cukup dekat dan tentu saja banyaknya penerbangan Indonesia – Korea Selatan. Saya rasa, warga Indonesia yang sedang berkuliah di Korea juga perlu mempromosikan pariwisata kita, karena sebenarnya everyone is tourism ambassador,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Adwindo sekaligus Duta Wisata Indonesia tahun 2012, Yeni Amelia, yakin soal industri pariwisata Indonesia akan terus berkembang kedepan. “Saat ini industri pariwisata kita tengah berbenah, infrastruktur pendukung pariwisata tengah dibangun,” sebutnya.

Yeni juga menambahkan, berbagai objek wisata baru mulai dikemas dengan apik, disamping pengembangan
objek wisata yang telah lama dikenal masyarakat seperti Bali atau Borobudur.

“Peran serta masyarakat untuk mempromosikan potensi pariwisata kita tentu merupakan sebuah peluang yang harus dikembangkan oleh pemerintah. ADWINDO hadir, untuk mendukung peran pemerintah sebagai marketer dari pariwisata Indonesia,” tambahnya.

ADWINDO yang telah ada di Korea sejak 28 Agustus lalu telah melakukan beberapa agenda seperti diskusi bersama KBRI untuk Korea Selatan terkait kerjasama budaya dan pariwisata, serta sharing bersama Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan tentang menjadi duta wisata sambil menempuh pendidikan di Korea.

Keterlibatan Adwindo pada kegiatan didukungan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Yayasan Duta Wisata Indonesia.

Selain itu, kegiatan yang diisi oleh Bondan Prakoso, Surya Saputra, Cynthia Lamusu dan Kikan Namara juga merupakan momen bagi masyarakat Indonesia di Korea untuk berkumpul dan melepas kerinduan pada tanah air tercinta.[]

KOMENTAR