[quote]Oleh Andri Thio[/quote]

Pantai Iboih adalah pulau yang terletak di Kepulauan Weh. Pantai Iboih merupakan salah satu objek wisata alam yang paling sering menjadi tujuan dan di kunjungi wisatawan lokal maupun asing. Kebanyakan yang datang ke pantai iboih yaitu turis asing, dimana tempat ini adalah tempat surganya snorkling dan juga diving.

Dan kita dapat menikmati panorama alamnya yang indah, banyak kegiatan wisata alam lain yang dapat dilakukan disana seperti wisata tirta antara lain berselancar, naik sampan, berenang, serta menyelam untuk menikmati alam bawah air dengan keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan karangnya yang indah.

Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata antara lain pondok-pondok penginapan di sekitar Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang.

Dari pantai iboih wisatawan dapat mengunjungi pulau rubiah yang terkenal dengan keindahan alam bawah taman lautnya. Selain itu di Pulau Rubiah terdapat berbagai fasilitas yang dibangun antara lain: pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor, peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengintai, jalan setapak, taman dan instalasi listrik.

Penyewaan alat snorkling atau diving cukup lengkap dan banyak juga disini. untuk satu set alat snorkling kita cukup menyewa sebesar Rp.45 ribu. sedangkan untuk diving tergantung negosisasi dan sdh pengalaman atau tidak dan biaya sewanya bisa Rp 200 ribu untuk sekali diving disana.

Pantai Iboih berada di Kecamatan Sukakarya Kotamadya Sabang. Kelurahan Iboih memiliki luas 15 Km2. Untuk mencapai lokasi dapat di tempuh dngan jalan laut (kapal cepat) selama ± 45 menit dari Pelabuhan Ule lheue dan jalan darat selama ± 45 menit dari Pelabuhan Balohan menuju lokasi.

Sensasi Pantai Iboih sudah dijamin akan didapat di pantai yang sudah kesohor namanya. Dari jauh, air laut disini memang terlihat biru. Tapi coba kita perhatikan lebih dekat, ternyata wow…bening banget…membuat pikiran jadi tenang banget…Kita dapat jepret sana-sini, jadi aktivitas satu – satunya yang terlintas dikepala, untuk merekam keindahan Pantai Iboih di depan mata kita.

Keindahan air laut yang bening dan hangat, dapat menjadi rekomendasi buat kita untuk berkunjung ke Pantai Iboih, Sabang. (bd)

KOMENTAR