Idi Rayeuk, Seputar Aceh – Polda Aceh akan meningkatkan pengamanan jalur niaga lepas pantai di perairan Selat Malaka. Upaya ini akan dilakukan meluas, bahkan dalam waktu dekat kepolisian akan menjalin kemitraan dengan Kepolisian Diraja Malaysia Negara Bagian Kedah.

Upaya ini terkait dengan meningkatnya gangguan keamanan berupa perompakan bersenjata api di perairian Selat Malaka dalam dua tahun terakhir.

Kapolda Aceh, Inspektur Jenderal Polisi Adityawarman, mengatakan pengamanan jalur pelayaran Selat Malaka antara dua negara ini dipandang cukup penting.

“Jalur pelayaran Selat Malaka selalu ramai dilalui oleh kapal-kapal niaga dari berbagai negara di dunia. Selama ini, mereka menjadi mangsa empuk para perompak,” katanya, di sela kunjungan kerja di Aceh Timur, Jumat (16/10) siang.

Polda Aceh juga akan fokus untuk memburu para perompak yang meresahkan para pengusaha ekspor-impor. Selain itu, pengamanan juga akan dimaksimalkan untuk mengantisipasi maraknya pencurian ikan ilegal di perairan Aceh. [sa-smi]

KOMENTAR