Kereta api cepat di basis maintenance di Wuhan, provinsi Hubei. (Reuters)

Kereta api cepat di basis maintenance di Wuhan, provinsi Hubei. (Reuters) Beijing — Cina telah membuka rute kereta api cepat terpanjang di dunia, sebelum musim mudik tahun baru 2013. Rute dengan jarak 2,300 kilometer antara Beijing dan Guangzhou akan ditempuh dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Seperti dilansir ABC Radio Australia, Kamis (27/12), menyebutkan pembangunan jaringan kereta api cepat di Cina didirikan sejak tahun 2007 lalu, dan dalam waktu singkat menjadi yang terbesar di dunia, dengan rel mencakup 8,358 kilometer pada akhir 2010 dan diperkirakan akan berlipat dua kali menjadi 16,000 kilometer sebelum 2020.

Namun, sistem kereta api cepat Cina pernah bermasalah ketika sebagian relnya anjlok di Cina tengah setelah hujan lebat yang terjadi pada tahun 2011 dengan memakan korban jiwa sedikitnya 40 orang.

Kereta api cepat pada rute terbaru itu berkecepatan 300 kilometer per jam dengan waktu perjalanan seluruhnya sekitar delapan jam dari Beijing ke Guangzhou.

Sebelumnya, waktu perjalanan antara Beijing dan Guangzhou dengan kereta api lebih dari 20 jam.

Media resmi melaporkan, tanggal 26 Desember untuk pembukaan rute itu dipilih sebagai peringatan hari lahir pemimpin Cina, Mao Zedong.[]

KOMENTAR