Jakarta — Produsen minuman ternama PT Coca-Cola Indonesia menggelar kompetisi ide yang menjaring ide dan bakat generasi muda di Tanah Air.

“Dengan memanfaatkan platform media sosial, program ini akan dijalankan secara nasional untuk menjaring ide-ide perubahan dari seluruh Indonesia melalui kompetisi ide,” kata Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia Martin Gil di Jakarta, Minggu (28/10).

Ia menambahkan, kompetisi ide untuk perubahaan itu dimulai pada 28 Oktober hingga 28 November 2012.

Peserta dapat mengakses melalui website www.coca-cola.co.id dan proses pemilihan ide terbaik akan melalui tiga tahapan, pre-seleksi, wawancara dan pemilihan pemenang.

Tiga ide perubahan terbaik akan di umumkan pada Desember 2012 mendatang dengan kategori yang berkaitan dengan pengembangan diri, pengembangan masyarakat, dan pelestarian lingkungan.

“Kami akan memberikan dukungan dana sebesar Rp20 juta untuk mewujudkan ide-ide terbaik di setiap kategori dan juga akan mengundang sejumlah tokoh muda untuk memberikan pendampingan serta proses monitoring pada saat implementasi ide-ide tersebut,” katanya.

Media Relation Coca-cola Indonesia Andrew Hallatu menambahkan, pada tahun lalu pihaknya telah menemukan lima pemuda penggerak perubahan yang telah merealisasikan ide-idenya melalui program ini.

“Kami berharap tahun ini dapat menginspirasi lahirnya banyak perubahan positif bagi Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Selain itu untuk menyebarkan rasa optimisme dengan memberi cara pandang baru terhadap masalah sehari-hari, pihaknya juga meluncurkan film inspirasi yang melibatkan Sanggar Anak Akar yang membina anak-anak jalanan di Jakarta dan sekitarnya.

“Anak-anak ini menunjukkan semangat dan optimisme yang tinggi walaupun di tengah kondisi yang sulit namun anak-anak ini mampu menunjukkan semangat yang luar biasa,” kata Andrew.

Kompetisi ide itu digelar untuk menyambut hari peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober sekaligus melanjutkan program pesan berani mengubah yang telah di mulai pada tahun lalu.

“Program ini merupakan kelanjutan dari program serupa yang kami luncurkan pada tahun lalu,” kata Andrew.

Acara pemuda berani mengubah 2012 yang baru saja dimulai itu diikuti ratusan anak muda yang berasal dari berbagai komunitas dan juga berbarengan dengan “car free day” menyuarakan semangat perubahan.

“Pemuda jangan hanya menuntut perubahan tapi harus mampu melakukan perubahan, mulai Oktober ini ada serangkaian komunikasi dan program yang mendorong kaum muda Indonesia untuk bersikap optimistis,” katanya. (ant)

KOMENTAR