Bireuen, Seputar Aceh – Sejumlah kalangan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bireuen meminta wakil rakyat yang baru terpilih dan menduduki gedung DPRK setempat dapat memperjuangkan aspirasi khalayak, bukan mementingkan kelompok atau golongan.

Hal itu disampaikan sejumlah LSM setempat, berkaitan pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRK Bireuen definitif 2009-2014, Rabu (2/12) siang.

Muklis Munir, Koordinator Gabungan Solidaritas Anti Korupsi (GaSAK) Bireuen, mengatakan masyarakat Bireuen mengantungkan segudang harapan pada wakil rakyat yang baru terpilih.

“Begitu banyak harapan dan aspirasi masyarakat yang masih terabaikan. Masyarakat selalu memperoleh ‘angin surga’ saat kampanye, tapi dilupakan saat pilihannya sudah duduk di kursi empuk di gedung dewan,” katanya.

“Kehadiran mereka ke lembaga legislatif harus benar-benar memperjuangkan aspirasi masyarakat bawah, bukan kepentingan oknum atau partai asal mereka. Image bahwa mereka hanya mementingkan golongan harus diubah, agar mereka tidak menjadi hujatan dan cacian rakyat sendiri,” paparnya lagi.

Harapan senada juga disampaikan Abdul Mana Isda, Ketua Forum Koalisi Masyarakat Reformasi Aceh (F-Kamar). Menurut dia, pimpinan baru DPRK Bireuen harus mengedepankan kepentingan rakyat dan bukan mementingkan golongan tertentu.

“Semoga kepemimpinannya ke depan bisa memompa semangat reformasi lembagal legislatif, sehingga bisa lebih baik dari sebelumnya,” kata Abdul. [sa-ful]

KOMENTAR