Jakarta — Miss Tourism International Indonesia 2012, Ovalyn Octarya Sitepu, menarikan tari serampang dua belas di China. Kesempatan tersebut diperoleh Ovalyn di acara Indonesia Culture Festival Xiamen, pada tanggal 23 Maret 2013.

Acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia China (Permic) Xiamen bekerja sama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) yang bertujuan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di China.

Ovalyn menyatakan dirinya berharap berbagai promosi pariwisata yang Ia lakukan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Hal ini diungkapkan Ovalyn melalui pernyataan,

“Kehadiran saya dan teman-teman Adwindo ke Xiamen bertujuan untuk mendukung kegiatan Persatuan Pelajar Indonesia yang ada di Xiamen, China. Selain itu, kami juga mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia khususnya provinsi Sumatera Utara. Saya berharap, rangkaian kegiatan promosi budaya dan pariwisata yang kami lakukan ini bisa meningkatkan kunjungan turis asal China yang mengunjungi Sumatera Utara dan daerah lainnya di Indonesia,” tuturnya seperti rilis yang diterima SeputarAceh.com, Kamis (29/3).

Lebih lanjut Ovalyn juga menyebutkan menarikan tari serampang dua belas merupakan salah satu bagian dari kewajibannya sebagai Miss Tourism International Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Saya berharap semoga teman-teman Permic Xiamen tetap semangat membentuk jiwa dan kepribadian yang luar biasa. Sehingga meskipun di negara orang, mereka bisa tetap memberikan pengaruh positif kepada masyarakat sekitar,” kata Ovalyn.

Pada Kesempatan terpisah, Adi Pratama, Kepala Sekretariat Nasional Adwindo, mensyukuri sambutan positif dari masyarakat Xiamen terhadap kegiatan ini. “Senang sekali Adwindo mendapat kesempatan untuk mempromosikan kebudayaan asli Indonesia ke masyarakat Xiamen, China,” sambungnya.

Menurutnya potensi pariwisata Indonesia banyak masih bisa dimanfaatkan dengan lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat. “Semoga mahasiswa Indonesia yang berada di Xiamen, juga turut mempromosikan pariwisata Indonesia terutama yang mungkin masih banyak belum dikenal dunia. Kami berharap bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara ke berbagai daerah di Indonesia yang mungkin kurang mendapat promosi,” tambah Adi.

Secara keseluruhan acara ini bertemakan “Unite Your Nationalism Spirit WithThe Color of Wonderful Indonesia” yang diselenggarakan Permic Xiamen juga menghadirkan pameran pariwisata dan bazaar yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 22 Maret hingga 23 Maret 2013.[]

KOMENTAR