Ternyata perhelatan pesta sepakbola negara-negara Eropa yaitu EURO 2012 ini tidak hanya diramaikan di stadion, di jalan-jalan ketika akan atau sepulang pertandingan, dan di dunia nyata lainnya. Ternyata, euforia EURO 2012 ini juga berdampak terhadap lonjakan trafik di beberapa situs di dunia maya.

Salah satu contohnya adalah account resmi EURO 2012 di Facebook. Tercatat sampai hari ini (13/06), sebanyak 458,286 kali tanda like diberikan untuk berita-berita di account ini. Tidak hanya di Facebook, di Twitter juga terdapat situs resmi UEFA yang juga sebagai badan tertinggi EURO 2012 yaitu di @UEFAcom.

Menurut sebuah analisa oleh seorang pimpinan Brand Partnership Department di United Agents, London, Inggris bernama Joanna Scarratt, mengatakan bahwa kehadiran situs jejaring sosial menambahkan cara baru bagi supporter bola untuk mendukung tim atau negara mereka dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Seperti contohnya yang paling besar adalah Inggris dan Jerman. Account resmi timnas Inggris dan Jerman di Facebook memiliki lebih dari 1,4 juta penggemar dan lebih dari 166.000 pengikut atau follower di Twitter. Kedua negara tersebut memiliki persentase yang sama dilihat dari perolehan supporter di dunia jejaring sosial.

Uniknya, terdapat beberapa negara yang ternyata melarang pemainnya menggunakan situs jejaring sosial apapun selama dihelatnya EURO 2012 ini, Denmark salah satu contohnya. Dalam dunia Twitter, hashtag #EURO2012 adalah hashtag paling laris dan sering digunakan oleh pengguna Twitter.

Menurut analisa dari Statweestics.com, hashtag #Euro2012 mendapatkan popularitas sebanyak 2,1919%. Sampai hari ini (16/06), hashtag tersebut masih menduduki peringkat 4 sebagai hashtag ‘terpanas’ di Twitter.

Tentunya, tidak hanya di Facebok dan Twitter saja yang mengalami hentakan euforia EURO 2012 ini, banyak situs-situs jejaring sosial lain, blog, situs online, maupun forum yang juga mengalami kenaikan trafik ketika dihelatnya pesta sepakbola negara-negara Eropa ini. (merdeka.com)

KOMENTAR