Jakarta — Perusahaan-perusahaan besar teknologi seperti Facebook dan Google saat ini terkenal dengan reputasi yang baik dalam memperlakukan karyawan dengan menawarkan banyak kemudahan dan fasilitas.

Makanan gratis, layanan binatu, olahraga dipusat fitnes atau gym dan bahkan dispensasi bisa bekerja di luar kantor (rumah ,-red).

Namun, dari seabrek reputasi perusahaan IT tersebut ada masalah terkait kepuasan karyawan, kini dua perusahaan tersebut tidak lagi masuk dalam 10 besar dari perusaaan di dunia dalam hal kepuasan karyawan.

Facebook misalnya yang dulu sempat ada di urutan ke-7 dunia malah sekarang terlempar dari 25 besar. Menurut perusahaan layanan perekrutan karyawan, Glassdoor menjelaskan keluhan utama dari karyawan Facebook adalah lama jam kerja, dan beberapa juga mengeluhkan keseimbangan antara kehidupan dilingkungan kerja dengan adanya politisasi kerjaan di perusahaan.

Sedangkan bagi karyawan Google juga mengeluhkan keseimbangan antara kehidupan dipekerjaan dan kehidupan pribadi. Glassdor melakukan pemeringkatan ini berdasarkan survei terhadap 385.000 karyawan selama 12 bulan terakhir.

Secara keseluruhan, ada sekitar 12 perusahaan teknologi yang masuk dalam daftar perusahaan dengan kepuasan karyawan yang tinggi, yaitu Agilent Technologies (urutan 3), SAS (4), National Instruments (7), Linkedin (8), FactSet (9), Rackspace (11), Orbitz (12), Novell (13), Citrix Systems (19), Hitachi Data Systes (20) dan NAVTEQ (23).

Pada kenyataanya memang perusahaan teknologi paling banyak ada di list 25 besar ini. Sedangkan pada urutan 1 adalah Mitre, perusahaan R&D, dimana salah satu karyawannya mengatakan bahwa keseimbangan kerja diperusahaan sangat nyata, semua karyawan didorong untuk mengambil cuti dan dan jam kerja selalu dijaga dibawah kontrol.[]

KOMENTAR