Jakarta — Keanehan kembali menyerang jejaring sosial Facebook, sebuah bentuk pop-up muncul untuk melakukan verifikasi akun Facebook, hal ini terungkap dari beberapa pengguna Facebook yang bertanya-tanya tentang kemunculan pesan tersebut, Senin (11/6).

Dari amatan SeputarAceh.com beberapa pengguna sempat terkecoh untuk mengikuti apa yang dianjurkan dalam pesan dengan berlatarkan logo persis Facebook.

Banyak pengguna yang menyarakan untuk tidak mengikuti pesan dari notifikasi tersebut, karena diduga berupa pencurian data dan password (phising). “Yang kena kek gini, kemarin sempat ada invite apps. jangan lakukan apapun segera klose aja. Sangat besar kemungkinan ini phissing aja. password n username anda bakal kena nanti kalau enggak ya kemasukan malware tuh kompi sampean”, ujar pemilik akun Haqiqie Suluh di dindingnya.

Bagi Anda yang belum mendapatkan pesan tersebut, berikut isi pesan yang tampil pada pop-up di laman Facebook:

Warming: Announcement from Facebook Verification Team: All profiles must be verified before 15th june 2012 to avoid Scams under SOPA and PIPA Act. The unverified accounts will be terminated. Verify your Account by step below.

1. Login and Request for Your Account

2. Invite your friends to Spread the news around the world

Khususnya bagi Anda yang menemukan pesan di atas ketika sedang online melalui notebook/PC segera tinggalkan halaman tersebut atau report as spam, karena secara resmi Facebook tidak pernah meminta pengguna untuk melakukan verifikasi akun dengan cara mengundang teman lain.

Bagi pengguna yang menggunakan saringan (filter) untuk iklan atau ads-block tampilan tersebut tidak akan tampil, disebabkan pesan tersebut besar kemungkinan dilakukan oleh pihak ketiga atau peretas yang tidak bertanggung jawab terhadap informasi dan data pribadi Anda di Facebook.

Jadi, tetap waspadalah bagi Anda yang sering beraktivitas di Facebook.[]

KOMENTAR