Banda Aceh — Perusahaan penerbangan nasional Garuda Indonesian akan menambah rute penerbangan baru di Aceh. Rute yang digarap adalah jalur Lhokseumawe-Medan (PP).

“Kajian awal telah dilakukan, termasuk soal kelayakan secara bisnis. Tapi yang lebih penting adalah sumbangsih Garuda untuk melayani masyarakat Aceh,” ujar Khrisbiantoro, Distric Manager Garuda Banda Aceh, Rabu (25/07), dalam acara buka puasa dengan jajaran pers di Banda Aceh.

Menurut Khrisbiantoro, pihak Garuda segera menurunkan tim teknis untuk melakukan pengkajian lapangan, termasuk di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe.

Paket pengembangan itu adalah pengembangan rute 5 flight di quarter 2 (April-Juni 2013). Bahkan khusus untuk jalur Lhokseumawe, jika memungkinkan–termasuk finalisasi ground handling–akan dibuka akhir tahun ini.

Khrisbiantoro lebih jauh merincikan, pengembangan rute dan peningkatan frekuensi terbang itu mencakup, Banda Aceh-Medan-Jakarta (2 kali/hari), Banda Aceh-Jakarta (1 kali/hari), Banda Aceh-Medan (pp) 1 kali sehari, Lhokseumawe-Medan (1 kali sehari).

Khusus jalur Lhokseumawe-Medan, pihak Garuda akan mengoperasikan pesawat jet Bombardier atau CRJ 1000 buatan Kanada berkapasitas 98 penumpang.

Selain itu terkait dengan kerjasama kemitraan antara GIA dengan skuad papan atas Liga Primer Inggris, Liverpool FC selama tiga tahun ke depan, pihak Garuda Banda Aceh akan melakukan beberapa kegiatan antara lain, undian berhadiah, nonton bareng dengan komunitas Liverpool di Aceh.

Selain itu juga diberi kesempatan menyaksikan laga langsung Liverpool di Stadion Anfield, lewat sebuah pengundian, serta lomba foto yang berkaitan dengan bonden Liverpool. “Kita mencoba memberi nuansa lain dalam nobar di Aceh, terutama kepada para liverpudian (fans Liverpool-red),” ujar Khrisbiantoro. (tribunnews.com)

KOMENTAR