Banda Aceh — Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mendukung keinginan Gubernur Aceh untuk menjadikan PT Arun LNG sebagai Distributor Gas seluruh Sumatera dan sekitarnya.

“Pertamina tidak perlu mengeluh lagi, tapi gunakan seluruh akal pikiran untuk mendukung dan mewujudkan PT Arun beroperasi kembali secara maksimal,” katanya pada pertemuan dengan Gubernur dan seluruh Walikota dan Bupati se Aceh beserta unsur terkait, berkenaan dengan implementasi UU No 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh sesuai cita-cita rakyat Aceh.

Priyo mengatakan, untuk mengoptimalkan kembali PT Arun, Pemerintah dan rakyat Aceh tidak perlu ragu kepada pusat karena pemerintah sangat mendukung upaya tersebut.

Kepada Pertamina, Priyo mengharapkan agar dapat mendukung sepunuhnya untuk memaksimalkan kembali operasional PT. Arun. “Sekarang yang harus dipikirkan adalah bagaimana menjalankan semua itu,” katanya pada pertemuan yang berlangsung di Ruang Serbaguna Sekretariat Pemerintah Aceh, Jum’at (12/10).

Petemuan tersebut selain dihadiri oleh unsur Pemerintah, juga hadir direksi dan presidum dari PT Arun LNG, PT Perkebunan Nusantara I Kabupaten Aceh Timur, PT. Pertamina, BPKL, dan Pabrik Kertas PT KKA, PT PIM, dan PT AAF.
Sementara itu, Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah menyatakan sangat berterima kasih kepada pemerhati dan sekaligus perumus Undang-Undang Pemerintah Aceh Priyo Budi Santoso.

“Beliau sudah bersedia menjadi fasilitator antara pemerintah Aceh dengan Pusat dan membantu untuk mewujudkan cita-cita perjuangan rakyat Aceh,” ujar Zaini.

Oleh karenanya, ia mengajak untuk bersama-sama menjaga dan bersyukur terhadap apa yang sudah ada dan kita miliki sekarang, semua perjuangan dan MoU Helsinki yang sudah diraih, jangan sampai kita sendiri yang merobeknya, demikiaan Zaini sambil mengakhiri pertemuan. (infopublik.org)

KOMENTAR