Banda Aceh — Pengguna jasa transportasi udara menjelang libur akhir tahun 2012 tujuan dari Jakarta menuju Banda Aceh dan Medan-Banda Aceh melonjak drastis, kata salah seorang pengelola travel.

Maneger Hijrah Travel Kisswoyo di Banda Aceh, Kamis (20/12) mengatakan sesuai dengan data penerbangan jumlah pengunjung yang datang dari luar Aceh lebih banyak dibanding yang berangkat.

“Artinya, jumlah tamu yang akan berlibur ke Aceh lebih banyak jika dilihat dari sistem dibanding yang berangkat,” katanya.

Dijelaskannya, seluruh seat yang dimiliki maskapai penerbangan yang melayani rute ke provinsi paling ujung barat Indonesia itu telah terisi dari tanggal 21-23 Desember 2012.

“Sejak tanggal 18-30 Desember 2012 seluruh maskapai penerbangan memberlakukan harga tinggi dan tidak ada program promo,” katanya.

Ia mengatakan para penumpang tersebut telah memesan tiket jauh hari sebelum pihak maskapai penerbangan memberlakukan tarif tinggi menjelang libur akhir tahun.

Kiswoyo mengatakan, tiket yang tersisa untuk pemberangkatan ke Aceh melalui bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar pada 24/12 berkisar dari Rp2 juta-Rp4 juta.

Ia menambahkan, seluruh penumpang yang datang ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta tersebut akan diangkut dengan menggunakan sejumlah maskapai penerbangan.

Adapun sejumlah pesawat yang melayani penerbangan dari dan ke Banda Aceh-Medan-Jakarta diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya dan Lion Air. (ant)

KOMENTAR