Banda Aceh – Hari ini Google kembali merayakan sesuatu di halaman utama situs pencariannya. Gideon Sundbäck, yah itulah Google Doodle yang menghiasi mesin pencarinya.

Seperti dikutip dari WikipediaGideon Sundbäck lahir pada 24 April 1880 yang merupakan seorang penemu Swedia-Amerika Serikat. Ia membuat beberapa kemajuan pada ritsleting antara tahun 1906-1914, selama bekerja pada perusahaan yang akan berkembang menjadi Talon, Inc.

Ia mengandalkan karya insinyur sebelumnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson (ayah mertua Sundbäck). Gideon Sundbäck juga menemukan mesin produksi untuk ritsleting. Ritsleting menggantikan tombol tahun 1937 untuk penggunaan “fly” di celana panjang.

Sundbäck kadang-kadang dikatakan sebagai orang Kanada, sebab perusahaan pertamanya Lightning Fastener Company, produsen ritsleting awal, bermarkas di St. Catharines, Ontario. Meski sering mengunjungi pabrik St. Catharines sebagai presiden perusahaan itu, nyatanya ia tidak pernah menjadi warga tetap apalagi warganegara Kanada.

Setelah kematiannya 21 Juni 1954, istrinya kembali melanjutkan pekerjaan suaminya itu dan pada Desember 1913, istrinya berhasil merancang ritsleting modern, sehingga sampai sekarang resleting telah banyak dikenal orang dengan simbol huruf “Y”. Benar-benar sebuah penemuan yang unik.

Bagi Anda yang tertarik melihat animasi 3D dari Google Doodle versi “Gideon Sundbäck”, berikut ini cuplikannya. (afi)

[youtube WDN9OoPfHrY 600]

KOMENTAR