Mie Aceh (Foto Adi Warsidi/TEMPO)SEMANGKUK mie berkuah hangat kini menjadi santapan favorit warga dunia. Meskipun berasal dari Asia kini mie sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Beradaptasi dengan budaya lokal hingga muncul beragam mie yang unik.

Mie apa favorit Anda? Mie goreng, mie ayam, mie Aceh, mie instan atau ramen dan lamien? Apapun bentuk dan racikannya, mie sudah jadi makanan banyak orang. Mie versi Eropa dikenal dengan bentuk ragam pasta khas Italia.

Soal asal muasal mie pun kini masih jadi perdebatan. Apakah dari Italia atau China? Meskipun bukti-bukti sejarah ikut bicara tetap saja belum ada kesepakatan. Dari manapun asalnya, faktanya mie sudah jadi menu global di setiap wilayah di dunia ini.

Dibuat dari tepung terigu, air dan telur yang dibentuk jadi adonan ini tidak difermentasi. Cukup digiling tipis lalu dipotong-potong. Selanjutnya terserah kreasi masing-masing. Karenanya di tiap negera ada beragam racikan mie yang enak.

Termasuk juga di Indonesia, tiap daerah punya racikan mie yang unik. Mie juga sudah jadi makanan pokok orang Indonesia. Meskipun sebagian menikmati sebagai makanan selingan.

Mie, juga telah menghidupi jutaan orang di dunia, termasuk UKM mie yang ada di Indonesia. Apapun ceritanya, semangkuk mie ayam yang disiram kaldu hangat pasti jadi santapan yang enak dan penuh nutrisi. Jadi, mie apa favorit Anda? (detik.com)

 

KOMENTAR