HARI Rabu (12/12) mungkin akan menjadi sebuah angka yang begitu mudah diingat, momen yang lebih indah lagi saat waktu dalam satuan menit sampai tahun disatukan menjadi pukul 12.12 WIB dan tanggal 12-12-2012. Lengkap sudah hari cantik ini.

Banyak orang yang mengingatkan tanggal dan waktu cantik itu, bahkan menyebutkan ini tidak akan terulang lagi. Dari mulai pasangan kekasih, maskapai pesawat hingga pelaku usaha menjadikan tanggal tersebut sebagai momentum untuk menikah hingga meluncurkan produk.

Fengshui

Menurut Ahli Fengshui Suhu Acai menjelaskan 12-12-12 merupakan tanggal yang bagus dan mudah diingat. Untuk mencari jam, tanggal dan bulan 12 itu mudah. Namun, angka 12 yang ada secara bersamaan itu sangat jarang terjadi.

“Secara Fengshui tanggal 12 itu bagus seperti anak tangga. Artinya adalah jaya sampai tua,” ujarnya.

Berdasarkan penanggalan Tionghoa, lanjutnya, hari Rabu tanggal 12-12-12 juga menjadi hari yang bagus. Hari yang langka itu hendaknya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengawali sesuatu yang positif.

Memang sah-sah saja korporasi memanfaatkan tanggal cantik untuk mencuri perhatian di tangah geliat usahanya. Bahkan, selebrasi 12-12-12 itu juga sampai merembes ke kehidupan masyarakat. Buktinya, ada saja masyarakat yang merencanakan melahirkan pada hari ini.

Maskapai Pesawat

Ketua Bidang Tiketing Asosiasi Penjual Tiket Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan tidak terlihat lonjakan pemesanan tiket pesawat rute dalam dan luar negeri.

“Tanggal cantik kalau tiket pesawat tidak pengaruh ya, karena anak-anak sekolah juga masih ulangan umum,” kata Pauline, Selasa (11/12).

Dia menambahkan peningkatan pemesanan tiket pesawat baru terjadi pada minggu depan seiring anak sekolah libur selesai ulangan umum dan sudah mulai masuknya musim liburan akhir tahun.

Melahirkan

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sutoto mengatakan tidak ada lonjakan berarti untuk permintaan operasi caesar. Menurutnya, memang ada beberapa orang yang menginginkan untuk melahirkan anaknya pada tanggal-tanggal cantik.

“Bisa saja ada satu, dua orang yang mempercayai tanggal itu, tetapi tidak semua orang,” tuturnya.

Beberapa kalangan, lanjutnya, memang menginginkan untuk melahirkan di hari yang spesial. Proses melahirkan merupakan proses yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan suami-istri.

Sains dan Agama

Matematikawan mengakui bahwa angka 12 sebagai bilangan yang sangat spesial. Hal ini disebabkan angka 12 dapat dibagi oleh angka satu, dua, tiga, empat, enam, dan 12 sendiri. Jumlah pembagi yang banyak ini membuatnya menjadi spesial karena tak banyak angka yang mampu melakukan hal tersebut.

Kalangan ilmuwan dan agamawan juga mengakui keistimewaan angka 12. Lihat saja penghitungan jam jam dan tahun yang menggunakan angka 12. Banyak peradaban di dunia membagi bulan menjadi 12. Begitu juga dengan satu hari (siang atau malam) yang memiliki 12 jam. Begitu pula dengan keberadaan 12 shio dan zodiak di dunia.

Pembagian bulan dan jam menjadi 12 tentu bukan hal main-main. Semua itu berasal dari perhitungan para ahli astronomi dalam menghitung edar Bumi terhadap Matahari atau Bulan terhadap Bumi.

Bahkan dalam Al-Qur’an jelas menyebut bahwa Tuhan telah membagi jumlah bulan menjadi 12 bilangan (At Taubah: 36). Tak hanya Islam, umat Kristen pun tentu merasa angka istimewa terhadap angka 12. Lihat saja 12 hari suci dan 12 Nabi yang dikenal kalangan umat Kristen.

Dengan itu pulalah terbukti keistimewaan angka 12 bagi kalangan ilmuwan dan agamawan.

Angka 121212 juga tidak melambangkan sesuatu hal yang berkonotasi negatif. Jika melihat dari sejarah, tidak ada kejadian besar yang terjadi pada 121212, yang ada hanyalah dimulainya kalender suku Maya pada 5.126 tahun yang lalu. Selain itu tak ada peristiwa menggemparkan.

Kembali pada rumor hari akhir pada 121212, tak ada agama besar di dunia yang mampu memprediksikan hari akhir. Semua agama tersebut menyatakan datangnya hari akhir adalah pasti namun tak dapat ditebak. Hal ini tertera pada seluruh kitab suci masing-masing agama.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Sudah agendakan momen apa untuk hari ini. (dbs)

KOMENTAR