Jakarta — Membeli baju, sepatu, tas, dan produk fashion lainnya melalui toko online menghemat biaya dan waktu.
Karena harga produk online biasanya menjanjikan diskon, dibandingkan produk yang dijual offline.

Tetapi terkadang kita tertipu dengan bentuk aslinya. Di website terlihat warna bagus dan model menarik, ternyata ketika barang jatuh di tangan tidak sesuai harapan.

Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan memerhatikan detail info produk tersebut. Misalnya jika kita membeli sebuah baju, dapat melakukan hal-hal tersebut:

Cek size chart. Ketika melihat baju, jangan hanya lihat model dan warna yang eye catching. Tetapi lihat size chart yang terdiri dari panjang (height), lebar (weight), dan lingkar dada (burst) busana tersebut. Hal itu untuk mengetahui apakah ukuran baju cocok dengan badan kita.

“Cek size chart, biasanya ada keterangan panjang, lebar, dan lengkar dada,” Catherine Hindra Sutjahyo, Co-founder dan Managing Director Zalora.

Cek detail. Perhatikan pula foto yang menampilkan busana tampak depan, samping, dan belakang. Lihat setiap detailnya. Terkadang tidak semua online shop mencantumkan hal ini.

Bantuan customer service. Jika kita masih ragu-ragu dengan barang yang dibeli, jangan ragu menelepon customer service (CS). Terlebih baju impor yang memiliki ukuran berbeda dengan ukuran negeri sendiri.

Tanyakan apakah ukuran baju yang tercantum di website sudah di-convert ke ukuran Indonesia. Tanyakan pula perawatan bajunya. Karena ada beberapa kain yang perlu perlakukan sedikit rumit.

Lihat “toko sebelah”. Jangan hanya melihat satu online shop, lihat pula “toko sebelah”. Bandingkan kualitas produknya, sama atau lebih baik. Perhatikan detail baju, harga, dan layanannya.

Kembalikan barang tidak sesuai pesanan. Jika baju yang kita pesan tidak sesuai pesanan atau tidak sesuai keinginan, kita dapat mengembalikannya. Segera telepon CS, utarakan tentang alasan kita mengapa mengembalikan. Biasanya pengembalian barang memiliki syarat dan ketentuan.

“Kalau ada barang yang tidak sesuai keinginan, customer bisa mengembalikan, maksimal setelah tujuh hari penerimaan barang,” ujar Hadi Wenas, Co-founder dan Managing Director Zalora Indonesia, Jumat (14/12/2012), di Jakarta.

Baca testimoni. Untuk memastikan apakah produk di suatu online shop berkualitas atau tidak, kita lihat testimoni customer lain. Jika sebagian besar menilai positif, kita dapat memertimbangkan membeli produk tersebut, jika pendapatnya negatif, segera cari online shop lain.

Dan, pastikan bahwa online shop yang kita kunjungi merupakan toko yang terpercaya. Mulai dari produk, harga, cara pembayaran, hingga pengiriman barang. Teliti sebelum membeli. (tribunnews.com)

KOMENTAR