Medan — Mabes TNI memberi kesempatan kepada pemuda dan pemudi di wilayah Kodam I/BB lulusan dari Profesi Sarjana (S1) dan Diploma (D3) TA 2012, pria dan wanita untuk menjadi Perwira Prajurit Karir, Selasa (4/9).

Bagi yang berminat dapat mendaftar dengan persyaratan WNI pria dan wanita, bukan personil TNI, Polri dan PNS. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berijazah serendahnya D-3 sesuai kebutuhan angkatan, berumur setingginya 26 tahun bagi yang berijazah D-3 dan 30 tahun bagi yang berijazah S-1. Berumur 32 tahun bagi yang berijazah profesi pada saat pembukaan pendidikan pertama. IPK untuk jurusan/program studi akreditas “A” (tidak kurang dari 2.80 untuk profesi, 2.80 untuk program sarjana, 2.70 untuk program diploma). Persyaratan IPK untuk jurusan/program studi berakreditas “B” ditambah 0.20.

Belum pernah nikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftaran berprofesi dokter diperbolehkan sudah menikah namun bagi profesi dokter umum wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama dalam pendidikan pertama.

Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba. Tinggi badan minimal 163 Cm bagi pria dan 157 Cm bagi wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. Bersedia menjalani Ikatan Dinas pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi perwira.

Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri. Bagi karyawan harus mendapat persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk pendidikan pertama TNI .Harus lulus pemeriksaan dan pengujian baik daerah maupun pusat meliputi administrasi, kesehatan badan calon prajurit TNI, kesemaptaan jasmani, renang dan postur, psikologi, mental idiologi.

Jurusan/program studi yang dibutuhkan adalah fakultas kedokteran jurusan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Fakultas kesehatan jurusan radiologi/penata rontgen, fisiotrapi, refraksi mata dan elektro medis. Fakultas MIPA jurusan farmasi/apoteker.

Fakultas ilmu komputer jurusan teknik komputer, teknik informatika, komputer akuntansi, manajemen informatika dan ilmu komputer. Fakultas ilmu kelautan jurusan kartografi, oceanografi dan nautika. Fakultas teknik jurusan teknik mesin, teknik metalurgi, teknik elektro/arus kuat.

Teknik elektro/arus lemah, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik geodesi, teknik geologi, teknik kimia, teknik aeronautika, teknik perkapalan, teknik sistim perkapalan, teknik penerbangan dan teknik perminyakan. Fakultas sastra jurusan bahasa Inggris, fakultas fisip jurusan hubungan internasional dan administrasi negara.

Fakultas psikologi jurusan psikologi/psikolog, fakultas hukum jurusan ilmu hukum dan hukum internasional. Fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan manajemen. Fakultas pendidikan jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan dan Dikdaktik/kurikulum. Fakultas agama jurusan dakwah, tarbiyah/peradilan agama, theologi Protestan, theologi Katholik dan Hindu, serta jurusan musik, sandi negara dan PLLU/ATC.

Pendaftaran dibuka tanggal 15 Agustus-30 September 2012 (pada hari kerja) bertempat di Ajendam I/BB Sub Panda Sumut di Ajendam I/BB Jalan Gatot Subroto Binjai Km 7,5 Medan. Di Sub Panda Riau di Lanud Pekanbaru Komp Lanud Simpang Tiga Pekan Baru. Di Sub Panda Sumbar di Lantamal II Padang Jalan Bukit Putus Padang.

Cara pendaftaran calon melalui online website http://rekrutmen-tni.ilmci.com dan mengikuti semua petunjuk yang tercantum pada halaman website tersebut. Kemudian calon datang ke tempat pendaftaran untuk daftar ulang dengan menunjukan print out pendaftaran online dan dokumen asli serta fotocopi yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang masing-masing satu lembar sebagai berikut : ijazah SD, SLTP, SLTA berikut SKHU dan sarjana/diploma yang dilampiri transkrip nilai studi berikut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), KTP calon dan orangtua/wali, Kartu Keluarga (KK), Surat Kenal Lahir/Akte Kelahiran.

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh ditempat pendaftaan calon harus mendaftar sendiri, tidak dibenarkan diantar oleh siapapun. Hal-hal lain yang belum tercantum pada pengumuman ini akan disampaikan kemudian pada waktu pedaftaran. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun dan tidak ada unsur KKN serta penyuapan. Pelanggaran terhadap hal ini dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang korupsi (UU RI No. 20 TH 2001 Pasal 5 dan pasal 12). (Harian Analisa)

KOMENTAR