Banda Aceh – Kepolisian daerah (Polda) Aceh tahun ini kembali membuka kesempatan untuk putra/putri Aceh guna diterima sebagai calon taruna Akademi Polisi (Akpol). Penerimaan Taruna Akpol ini mulai dibuka 3 Mei hingga 7 Juni 2010.

Menurut Karo Pers Polda Aceh Kombes Pol Rochiyanto, penerimaan ini secara umum dilakukan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Aceh untuk menjadi perwira polisi melalui pendidikan Akpol dan setelah lulus diangkat menjadi Inspektur Polisi Dua (Ipda).

“Selama kegiatan pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya apapun,” ujar Rochiyanto kepada wartawan, Kamis (29/4/2010).

Untuk persyaratan umum, kata dia, peserta wajib sebagai Warga Negara Indonesia (pria dan wanita), beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK Polres setempat), berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia serta bersedia ditugaskan pada semua bidang pokok kepolisian.

Persyaratan lain, katanya, berijazah serendah-rendahnya SMU atau sederajat. Usia maksimum pada saat pembukaan pendidikan tanggal 19 Agustus 2010, untuk SMU/MA/SMK sederajat maksimum 21 tahun, Brigadir Polisi berusia 21 tahun dan sarjana berusia 22 tahun, dengan tinggi badan minimal pria 163 centimeter dan wanita 160 centimeter dengan berat badan seimbang.

Untuk mendaftar, lanjut Rochiyanto, calon harus datang sendiri dengan membawa persyaratan administrasi yang asli dan foto copy, yaitu Ijazah SD, SLTP, SMU/sederajat dan sarjana, NEM/Huan/STK/transkip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang.

Peserta juga harus melampirkan foto copy akte kelahiran, SKCK dari polres setempat yang dilegalisir, KTP calon serta orang tua/wali yang dilegalisir pejabat berwenang, pas photo hitam putih dengan memakai kemeja untuk pria ukuran 4×6 cm lima lembar dan 3×4 cm tiga lembar dan wanita tanpa menggunakan jilbab. Bagi Brigadir Polisi pas photo dengan latar belakang kuning menggunakan pakaian PDH.

“Berkas pendaftaran langsung diantar sendiri ke Mapolda Aceh pada bagian Sekretaris Panitia Daerah (Panda) Jalan T. Nyak Arief, Jeulingke Banda Aceh,” ujar Rochiyanto.(*/cqi)

KOMENTAR