Jakarta – Asosiasi Duta Indonesia bekerja sama dengan berbagai institusi selenggarakan pemilihan Miss Coffee Indonesia 2012. Tujuannya antara lain untuk meningkatkan citra dan ekspor kopi Indonesia di mancanegara.

Ajang Miss Coffee yang baru pertama kali diadakan ini, digagas oleh Indonesia. Rencananya juga diadakan pemilihan Miss Coffee International 2012 di Bali.

“Misi kegiatan ini antara lain melalui Miss Coffee, warung atau kedai kopi yang banyak terdapat di negeri ini, bisa menyediakan kopi asli Indonesia. Selain itu lebih banyak lagi masyarakat penikmat kopi yang mengonsumsi kopi asli Indonesia,” kata Kuntari Sapta Nirwindar, Ketua Penyelenggara Miss Coffee Indonesia, sore ini di Jakarta.

Dia menuturkan acara tersebut akan akan diikuti oleh 30 provinsi, yang tingkat konsumsi peminum kopinya tergolong besar di Indonesia.

“Seleksinya diadakan Februari-Mei 2012. Setiap provinsi akan diwakili satu pemenang dari wilayahnya, yang sekaligus akan menjadi duta daerah. Mereka yang terpilih akan mengikuti karantina. Dan Malam Grand Final Miss Coffee Indonesia 2012 akan digelar 6 Juni,” kata Lanny Rahardi, Ketua Humas Asosiasi Duta Indonesia (ADI).

Pemenang Miss Coffee Indonesia 2012, ujarnya, akan ikut bertanding pada ajang Miss Coffee International, yuang diselenggakan pada Oktober di Bali. Rencananya ajang ini akan diikuti oleh 26 negara.

Dalam pelaksanaan event tersebut ADI bekerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan instansi lainnya.

Lannya menuturkan ajang tersebut akan memilih kaum perempuan berpenampilan menarik, yang nantinya akan menjadi juru bicara Indonesia di mata dunia tentang kopi. Syarat pesertanya adalah perempuan muda berusia 17-24 tahun, belum menikah, tinggal di Indonesia, dan mempunyai kepribadian, serta paham mengenai kopi asli Indonesia.(Bisnis Indonesia)

KOMENTAR