Washington, Seputar Aceh – Lebih 700 juta orang di seluruh dunia ingin pindah dan menetap ke negara lain. Keinginan seperti ini paling banyak dipendam oleh penduduk di negara-negara sub-Sahara Afrika. Negara paling diincar yakni Amerika Serikat.

Menurut polling yang dibuat Gallup di 135 negara sepanjang dua tahun terakhir, rata-rata 38 persen dari penduduk dewasa di negara-negara sub-Sahara Afrika, atau sekitar 165 juta orang, mengatakan mereka ingin pindah ke negara lain jika mereka punya kesempatan.

Negara adidaya Amerika Serikat menjadi tempat yang paling diincar. Seperempat dari 700 juta orang (sekitar 165 juta orang) menyatakan ingin menetap di sana. Tempat incaran selanjutnya yakni Inggris, Kanada dan Prancis. Masing-masing negara ini menjadi tujuan sedikitnya 45 juta orang.

Lebih 35 juta orang mengatakan ingin pindah ke Spanyol, 30 juta ke Arab Saudi dan 25 juta orang ke Australia dan Jerman.

Kemungkinan tersedikit orang ingin berimigrasi ke negara lain ada di Asia. Hanya satu dari 10 orang dewasa Asia ingin pindah ke negara lain. [sa-ant-afp]

KOMENTAR