Jakarta – Pada 21 Maret 2006 kemarin, tepat hari ini 6 tahun yang lalu, Jack Dorsey mengirim public tweet pertamanya. Twitter telah memainkan peran penting dalam membentuk strategi pemasaran dan promosi produk. Pemberontakan Arab juga sedang dikaitkan dengan situs mikro blogging.

Dikenal luas sebagai pencipta Twitter, Jack Dorsey adalah seorang arsitek perangkat lunak dan pengusaha yang pada tahun 2008 dinobatkan MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35.

Lahir pada 19 November 1976, Dorsey dibesarkan di St Louis, Missouri. Ia pergi ke sekolah tinggi di Sekolah Tinggi DuBourg Uskup dan kuliah di University Missouri Sains dan Teknologi sebelum kemudian pindah ke New York University, di mana ia pertama kali menyusun ide untuk Twitter.

Dia tidak bisa membayangkan bahwa dalam enam tahun, orang di seluruh dunia akan mengirim lebih dari 9420 tweet per detik, seperti yang disaksikan selama Superbowl 2012.

Twitter telah dibuat oleh tim 5-anggota, bekerja di San Francisco. Dalam jangka pendek hidupnya, Twitter telah menjadi alat pemasaran yang signifikan untuk selebriti, politisi dan bisnis, menjanjikan tingkat keintiman yang belum pernah didekati secara online.

Twitter, yang sekarang tersedia dalam 28 bahasa berbeda dan mempekerjakan lebih dari 835 orang, telah diberikan kemampuan untuk berbicara langsung dengan orang dan institusi.

Twitter, yang merupakan bagian dari kelompok elit web sosial start-up yang telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dengan cepat menarik pengguna, mengambil 3 tahun, 2 bulan dan 1 hari untuk meraih satu miliar tweet pertama.

Sekarang memakan waktu kurang dari seminggu untuk jam yang banyak dan perkiraan tidak resmi menyebutkan jumlah account Twitter di lebih dari 350 juta.

Tapi sementara rekan-rekan seperti Facebook dan Zynga telah ditujukan untuk pasar publik, Twitter adalah pemegang kembali. Pada musim panas tahun 2011, Twitter mengumpulkan $ 400 juta dari investor swasta.

Upaya penggalangan dana yang dipimpin oleh DST Global, perusahaan investasi yang dipimpin oleh miliarder Rusia Yuri Milner, dihargai perusahaan pada $ 8 miliar. (su)

KOMENTAR