Jakarta — Tren ponsel pintar dan tablet memberi berkah bagi pengembang aplikasi. Bahkan, boleh dibilang, aplikasi menjadi “roh” dari ponsel pintar ini. Lebih dari itu, industri aplikasi ini telah menciptakan banyak sekali pekerjaan.

Ekonomi baru ini, yang disebut “Ekonomi Aplikasi”, menurut situs Mashable telah menciptakan setengah juta pekerjaan di Amerika Serikat, terhitung sejak 2007. “Ekonomi aplikasi Amerika ini yang mana belum menyumbang pekerjaan apa pun sebelum iPhone diperkenalkan, menunjukkan bahwa dengan cepat menciptakan nilai ekonomi yang besar dan banyak pekerjaan di era teknologi ini. Ekonomi telah menyediakan pekerjaan bagi ratusan ribu warga AS dan tentu akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang,” kata Rey Ramsey, Presiden dan CEO TechNet.

Di AS, negara bagian California mengambil porsi terbesar dalam ekonomi aplikasi ini dengan pertumbuhan 23,8 persen yang terkait dengan pekerjaan. Posisi programer, desainer,  pemasar teknologi,  dan tentu stafnya menjadi pengisi dari pekerjaan di industri aplikasi ini.

Survei ini didanai oleh TechNet, sebuah organisasi bipartisan, dengan tujuan mempromosikan teknologi. Survei ini menegaskan  ahli komputer khususnya perangkat lunak aplikasi punya peluang tumbuh 34 persen dalam periode 2008 sampai 2018.

Intinya, aplikasi mobile ini menjadi lahan pekerjaan baru bagi generasi sekarang. (The Marketeers

KOMENTAR