Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan jika pemerintah dapat memotong subsidi energi yang tidak tepat sasaran, maka setiap tahun Indonesia bisa membangun jalan dari Aceh hingga Lampung.

Hatta menjelaskan, mayoritas subsidi energi saat ini tidak tepat sasaran di mana masyarakat kota yang menggunakan mobil, lebih banyak menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi. Ini berbeda sekali dibandingkan masyarakat di pedesaan, seperti petani dan nelayan yang jarang mengenyam BBM.

“Ada uang ratusan triliun, kita bisa bikin jembatan dan jalan,” kata Hatta di depan ibu-ibu pejabat di Jakarta, Rabu 28 Maret 2012.

Dia mencontohkan untuk membangun jalan dari Aceh hinga Lampung hanya membutuhkan dana Rp80 triliun. Selain itu, jika pemerintah tidak menaikkan harga BBM akan meningkatkan risiko investasi karena APBN menjadi tidak sehat.

Hatta menjelaskan, sebenarnya bisa saja pemerintah tidak menaikkan harga BBM dengan memotong anggaran, namun langkah tersebut tidak diambil oleh pemerintah karena bisa melemahkan pertumbuhan ekonomi dan kepercayaan pasar.

“Investasi akan terbang ke negara yang pengelolaan fiskalnya sehat. Kalau kita tidak prudent, market akan bereaksi,” katanya. (vivanews)

KOMENTAR