Rektor Umuslim membuka Festival Tarian Saman dan Pameran Batu Giok (Foto Tarmizi A Gani)

Rektor Umuslim membuka Festival Tarian Saman dan Pameran Batu Giok (Foto Tarmizi A Gani)UNIVERSITAS Almuslim (Umuslim) yang merupakan kampus kebanggaan masyarakat Bireuen menggelar peringatan hari ulang tahunnya yang ke-12 yang bertempat di kampus utama Matangglumpangdua, Bireuen, Senin (26/1/2015).

Rektor Umuslim, Dr H Amiruddin Idris, SE MSi dalam pernyataannya menyebutkan, HUT Unimus yang ke-12 juga sekaligus dengan perhelatan “Festival Tari Saman Antara SLTA Sederajat dan Pameran Batu Akik”.

“Ulang tahun Universitas Almuslim yang ke-12 ini, kita gelar festival tari Saman, karena tarian Saman Aceh sudah menjadi salah satu tarian yang mendunia, warga dunia menjadi sangat terpukau ketika menyaksikan tarian ini,” sebutnya.

Amiruddin juga mengakui, bahwa sanggar tarian Saman yang ada di kampus Umuslim juga ikut mendunia. “Sanggar Umuslim, sudah seringkali mendapat undangan untuk tampil ke berbagai negara maju di dunia, seperti Jepang, Singapura, Malaysia dan Australia,” tambahnya.

Selain festival, panitia acara juga menggelar pameran batu akik untuk mengenalkan kepada masyarakat.

Pameran batu akik yang terlihat diberbagai stand, juga memamerkan sejumlah batu akik dari jenis giok dan lainnya. Beberapa stand juga ada yang memberikan label harga yang mencapai Rp. 100.000.000 dan lebih. (Tarmizi A Gani/af)