Depok — Panitia khusus pemilihan rektor Universitas Indonesia mengumumkan lima nama orang bakal calon rektor periode 2012-2017 yang telah dilakukan verifikasi, klarifikasi dan seleksi administratif.

“Lima orang bakal calon rektor UI ini telah diumumkan di situs http://www.pemilihanrektor.ui.ac.id,” kata Staf Sekretariat Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) Intan Nuril, di Depok, Selasa (4/09).

Lima orang Bakal Calon Rektor UI ialah Dr. dr. HM. Hafizurrachman, MPH, Prof. Amin Soebandrio W. K., Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc, Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, PhD dan Prof.Dr.Ir Bambang Sugiarto M.Eng.

Proses pendaftaran pemilihan rektor UI masih terbuka lebar hingga tanggal 7 September 2012 mendatang. Pendaftaran dilakukan dengan cara membuat akun di website pemilihan rektor UI.

Hingga Selasa (4/9) pukul 11.00 WIB, tercatat terdapat 23 bakal calon rektor yang membuat akun resmi di website pemilihan rektor. Namun dari jumlah itu baru lima orang yang sudah diverifikasi.

Ia mengatakan nama-nama yang belum diumumkan di website UI berarti belum diverifikasi. Intan menambahkan dari 23 bakal calon yang membuat akun terdiri dari calon eksternal maupun internal. Ke-23 calon tersebut juga belum melengkapi syarat administrasi.

Sebelumnya Sekretaris Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia 2012-2017, Corina Riantoputra mengatakan pendaftaran Pemilihan Rektor UI diperpanjang sampai dengan 7 September 2012 dari sebelumnya yang hanya sampai 31 Agustus 2012.

“Kami memberikan kesempatan kepada bakal calon rektor untuk mendaftar,” kata Corina Riantoputra.

Dia mengatakan sekitar dua minggu saat menjelang hari raya Idul Fitri, waktunya sangat tidak efektif, jadi waktu perpanjangan ini dilakukan untuk memberikan lebih banyak kesempatan untuk mendaftar.

Ia mengatakan, walau pun masa pendaftaran diperpanjang tentunya tidak merubah waktu pemilihan Rektor UI yang dijadwalkan dipilih MWA pada 9 Oktober 2012, dan juga Senat Akademik Universitas melakukan seleksi terlebih dahulu pada tanggal 25-28 September 2012. (iposnews.com)

KOMENTAR