Kucatane — Rapat koordinasi Porseni XIII yang berlangsung Kamis (29/11) malam di Gedung Kesenian Kutacane, selain mengevaluasi pelaksanaan Porseni XIII dan Expo Madrasah II, juga berhasil menetapkan empat daerah calon tuan rumah Porseni XIV yang akan datang.

Keempat daerah yang mengusulkan diri menjadi tuan rumah Porseni XIV, yaitu Kabupaten Bireun, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Gayo Lues.

Dan nampaknya, dari bincang-bincang KemenagNews dengan sejumlah Kakankemenag dan ketua kontingen yang hadir dalam Rapat Koordinasi itu, Kabupaten Bireun dan Kabupaten Pidie, punya kans besar untuk menjadi tuan rumah Porseni XIV Kementerian Agama Aceh yang akan datang.

Saat pimpinan rapat Kakanwil Kemenag Aceh Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd memberikan kesempatan kepada seluruh peserta rapat untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Porseni XIV yang akan datang, Kakankemenag Bireuen, Drs. H. Zulhilmi AR, M.Ag, dengan membawa surat dukungan Pemda-nya di tangan, langsung maju menyatakan daerahnya siap untuk menjadi tuan rumah Porseni akan datang.

Tidak ketinggalan Drs. H. Ilyas Muhammad, Plt. Kakankemenag Pidie Jaya menyatakan daerahnya siap menjadi tuan rumah Porseni dan Expo Madrasah ke depan. Dengan gaya khasnya, Ilyas mengaku baru saja selesai bicara per telepon dengan Bupati Pijay, M. Gade Salam untuk meminta Kakanwil bersedia menunjuk Pijay sebagai tuan rumah Porseni XIV.

Tidak mau kalah, Drs. M. Jakfar M. Nur, Kakankemenag Kabupaten Pidie, tetangga Pijay, langsung angkat bicara menyatakan diri daerahnya siap jadi tuan rumah sambil menyerahkan surat dukungan pemda Pidie kepada Ketua Panitia Porseni, H. Abrar Zym.

Selain itu Kakankemenag Kabupaten Gayo Lues, Drs. Hasan Basri yang baru dilantik beberapa waktu lalu, menyatakan siap menerima kontingen Porseni Kementerian Agama se-Aceh di daerahnya.

Ibnu dalam kesempatan itu mengaku bahagia melihat antusianya sejumlah daerah untuk menjadi tuan rumah Porseni yang akan datang.

“Insyaallah, secepatnya akan kita bentuk tim verifikasi untuk menilai daerah mana yang lebih siap menjadi tuan rumah Porseni ke depan. Kakanwil berharap, dengan pengalaman empat Porseni terakhir yang digelar Kementerian Agam Aceh, mestinya Porseni XIV yang akan akan lebih baik lagi daripada Porseni di Aceh Tenggara, Aceh Barat, Kota Langsa dan Kota Banda Aceh,” ujarnya. (*/KemenagNews)

KOMENTAR