Lhokseumawe — masyarakat Lhokseumawe dan Aceh Utara, untuk mengikutkan anak-anaknya dalam Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT Unsyiah) Banda Aceh terlihat cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dari jumlah peserta yang hadir hampir mencapai 1.500 orang.

Lomba berhitung tahunan ini yang bertempat di Gedung ACC Unimal, Lhokseumawe juga turut dibuka oleh oleh Staf Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe, Ibrahim.

Dalam kesempatan itu Ibrahim mengatakan, berhitung butuh kecepatan dan ketepatan pikiran. “Karena berhitung adalah bagian proses pengasahan otak, karena itu dalam lomba tersebut diberikan 18 soal dalam waktu 5 menit, tanpa menggunakan alat bantu serta tanpa rumus dan teori,” jelasnya seperti rilis yang diterima SeputarAceh.com, Kamis (28/3).

Koordinator panitia Lomba Berhitung Fakultas LBFT Lhokseumawe, Ridha Rizki mengatakan, penilaian berdasarkan kecepatan dan ketelitian dalam berhitung serta hasil jawaban yang benar, serta nantinya pemenang akan dibawa ke Banda Aceh untuk mengikuti grand final bersama 13 Kab/Kota lainnya di Aceh. Pemenang juga mendapatkan hadiah, sertifikat dan berbagai doorprize menarik.

“Kegiatan ini, tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama kemampuan berhitung secara cepat dalam kehidupan sehari-hari. Para pelajar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini,” sebutnya.

Lomba bertemakan “Berpacu dalam Berhitung, Bersama Membangun Aceh” itu ikuti sekitar 1.478 siswa SD/SMP/SMA/Umum dari Lhokseumawe dan Aceh Utara.[]

[accordion title=”Berikut juara LBFT wilayah Lhokseumawe”]

  • Kategori SD A (kls 1 & 2) : 1. M Alif Iqbal, 2. Ghizka Maulina, 3. Mazaya Nadhirah Putri.
  • Kategori SD B (kls 3 & 4) : 1.Shindy Suwardi (SD Budi Dharma), 2. Byandarari Shani Zulkarnain (SDN Arun), 3. Zayya Rifqa Safira (SDN Arun).
  • Kategori SD C (kls 5 &6): 1. Agnes Valencia (SD Budi Dharma), 2. Ervin (SD Budi Dharma), 3. Raihan Khaira Syakilah (SDN Arun).
  • Kategori SMP: 1. Athaya Ula Al Biaroza (SMPN Arun), 2. Filza Hada (MTsS Yapena), 3. M. Ikhsan Farhan (SMPN Arun).
  • Kategori SMA: 1. Prakarsa Tri Andika (Modal Bangsa Arun), 2. Rahma Yulima (Modal Bangsa Arun), 3. Fadli Alwi (SMAN 1 LSM).
  • Kategori Umum: 1. Athaya Ula Al Biaroza (SMPN Arun), 2. Rahma Yulima (Modal Bangsa Arun), 3. Hendrik (SMA Sukma Bangsa LSM).

[/accordion]

KOMENTAR