Beppu — Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Jepang memberikan kesempatan kepada pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa untuk belajar ke APU Jepang. Kesempatan itu terbuka untuk mahasiswa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Seperti dikatakan Dahlan Nariman, Vice-Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development and Learning Support Center (EDLSC) di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) kepada wartawan Media Indonesia, Agung Wibowo di Beppu, Jepang Rabu (4/7). “Setiap tahun APU menggelontorkan tak kurang dari Rp45 miliar untuk beasiswa mahasiswa internasional”, ujarnya.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut antara lain, mengajukan permohonan melalui kantor perwakilan APU di Jakarta dengan melampirkan transkip nilai dan beberapa prestasi yang pernah diraih. Selain itu persyaratan dasar yang harus dipenuhi adalah memiliki nilai TOEFL minimal 560.

Jenis beasiswa yang diberikan berupa pengurangan biaya studi mulai dari 30 persen sampai 100 persen. Dimana untuk biaya belajar di APU selama setahun mencapai lebih kurang Rp130 juta

APU adalah satu universitas swasta di Jepang, didirikan pada bulan April 2000, di kota Beppu, Provinsi Oita, Pulau Kyushu, Jepang. Lima puluh persen pengajar dan mahasiwa APU berasal dari berbagai negara. Mereka menyatu dengan keanekaragaman bahasa dan budaya baik di kelas maupun di kehidupan kampus.

Di APU memiliki Divisi pengembangan karier yang akan mendukung dan membantu mahasiswa dalam menentukan jalur kerja yang sesuai dengan kemampuan mereka setelah lulus, baik di Jepang ataupun di luar Jepang. (Media Indonesia)

KOMENTAR