Tapaktuan – Biaya magng calon dosen dan dua tenaga administasi Politehnik Aceh Selatan mencapai Rp1,8 miliar. Hal itu diungkapkan Sekretaris Panitia magang, Jasmiadi Jakfar, Senin (5/4/2010) di Tapaktuan.

Katanya, calon dosen itu akan mengikuti magang dan pengembangan bahan ajar pada beberapa politehnik terkemuka di Indonesia. Pada gelombang pertama dikirimkan sebanyak 18 orang yang terdiri dari 3 untuk calon dosen tehnik mesin di Politehnik Manufaktur (Polman) Timah Bangka, 4 calon dosen Tehnik Industri Polman Negeri Bandung dan calon dosen tehnik komputer dan Prodi tehnik informatika masing-masing 3 orang di Politehnik Caltek Riau. “Para calon dosen ini mengikuti magang selama dua bulan,” katanya.

Selain itu panitia juga mengirimkan dua tenaga administrasi ke Politehnik Caltek Riau untuk mempelajari cara mengelola administrasi politehnik selama tiga minggu ditambah dengan Direktur, dan dua wakil Direktur yang turut mengikuti pembelajaran management pengelolaan Politehnik selama seminggu di Poltek Caltex Riau.

Keseluruh calon dosen tersebut saat ini sedang mengikuti pendidikan tentang sistem management Politehnik dan outbound di Politehnik Caltek Riau selama enam hari, sedangkan materi metodologi pengajaran politehnik sudah didapat pada Politehnik Aceh. “Pengirirman gelombang kedua diperkirakan pada bulan Juni mendatang berjumlah 16 orang yang kesemuanya dosen, setelah gelombang pertama pulang,” lanjutnya.

Artinya pada bulan Juni mendatang Politehnik Aceh Selatan yang didirikan pemerintah setempat memiliki 13 dosen untuk 4 program study yang dibuka, yakni Tehnik Komputer, Informatika, mesin dan Tehnik Industri. Dua bulan kemudian bertambah menjadi  29 orang dosen yang telah mengikuti magang dan pengembangan bahan ajar, atau 7 sampai 8 dosen setiap jurusan.(*/ha/ian)

KOMENTAR