Jakarta — Perhelatan kesenian tari Seudati Aceh akhirnya resmi dibuka oleh Direktur Promosi Pariwisata dalam Negeri Kemenparekraf, M Faried yang berlangsung meriah di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Sabtu (11/08).

Acara yang dikemas dalam launching “Festival Tari Seudati Bireuen Aceh 2012”, menjadi salah satu acara seni budaya daerah Aceh yang kali ini Kabupaten Bireuen menjadi tuan rumah selaku penyelenggara di bulan September mendatang.

Ketua Panitia Festival Seudati, Dedi Kuswana mengatakan adanya kegiatan ini bisa menjadi kebangkitan untuk seni-seni dan traidisi budaya yang kini sudah mulai hilang, termasuk tari seudati.

“Kita punya harapan acara ini bukan jadi awal dan akhir dari kebangkitan seni-seni yang ada di Aceh, dan Bireuen pada khususnya untuk tari seudati,” ungkapnya.

Dedi juga menambahkan, nama seudati Bireuen ini punya tujuan untuk menghargai pendahulu dan maestro yang telah mengenalkan seudati di Bireuen dan juga daerah lainnya di Aceh, sehingga ke depan tari Seudati juga bisa mendunia layaknya tari Saman. (*/afi/red)

KOMENTAR