Ada banyak aktivitas yang bisa kita dan temukan di bulan Ramadhan, tidak hanya di tanah air melainkan juga diberbagai negara.

Umat muslim dunia dengan penuh sukacita menyambut datangnya bulan yang penuh dengan limpahan pahala ini. Tentu banyak ritual dan peristiwa menarik di berbagai negara dalam menyambut bulan suci. Semua itu jadi pertanda, betapa asimilasi telah menjadi keunikan Islam sebagai agama yang mampu menyerap di semua lapisan.

Berikut ini 10 foto yang terangkum dalam “Ramadhan di berbagai Negara” seperti yang dirilis oleh laman Deutsche Welle untuk Anda:

[accordion title=”Mengintip Hilal”]
Awal dan akhir Ramadhan dapat di Hisab atau dihitung secara astronomi. Tapi di banyak negara masih ditetapkan lewat cara mengintip Hilal atau munculnya bulan baru. Inilah yang menyebabkan awal dan akhir Ramadhan berbeda-beda di tiap negara atau wilayah. Di sebagian besar negara awal bulan puasa tahun ini jatuh tanggal 20 Juli.
[/accordion]
[accordion title=”Saat Buka Puasa”]
Saat Maghrib waktu berbuka puasa. Keluarga di Pakistan ini memilih berbuka puasa di halaman sebuah mesjid.
[/accordion]
[accordion title=”Panganan Pembuka”]
Makanan untuk pembuka puasa berbeda-beda di tiap negara. Seorang warga Pakistan berdoa sebelum berbuka puasa, dengan menyantap korma, pakora, choley dan chutney.
[/accordion]
[accordion title=”Membayar Zakat dan Berbagi”]
Selama Ramadhan umat makin menyadari kewajiban untuk berbagi. Para pria pengangguran di Afghanistan ini berbuka puasa bersama dengan makanan sedekah sesama Muslim.
[/accordion]
[accordion title=”Dekatkan Diri Pada Illahi”]
Selama Ramadhan makin sering beribadah dekatkan diri pada illahi. Seorang ayah dan anaknya berwudlu bersama sebelum shalat di sebuah mesjid di wilayah Kashmir, India.
[/accordion]
[accordion title=”Rasakan Suasana”]
Walaupun tidak wajib berpuasa, anak kecil warga minoritas Hui di Cina ini ikut merasakan suasana Ramadhan dengan berbuka puasa bersama.
[/accordion]
[accordion title=”Pasar Ramadhan”]
Pasar dadakan di bulan puasa juga dikenal di Iran. Kotapraja Teheran membuka pasar Ramadhan untuk melayani kebutuhan warganya.
[/accordion]
[accordion title=”Belanja”]
Selain belanja bahan kebutuhan pokok, selama Ramadhan peralatan shalat juga laku keras. Misalnya sajadah yang menjelang Idul Fitri ditawarkan dengan harga khusus.
[/accordion]
[accordion title=”Pasar Malam”]
Pasar malam di dekat Mesjid Sultan-Eyup yang bersejarah di Istanbul, Turki merupakan pemandangan khas Ramadhan, dimana di siang hari cafe dan restoran biasanya tutup.
[/accordion]
[accordion title=”Sinar Pencerahan”]
Lampu hias dan lentera pada bulan Ramadhan di Bahrain ini merupakan simbol dari pencarian pencerahan lewat jalan lebih mendekatkan diri pada Allah.
[/accordion]

KOMENTAR