Jakarta – Ahli vulkanologi terkemuka memperingatkan lapisan gunung bawah laut terbesar Eropa rapuh dan bisa runtuh karena letusan. Peristiwa itu bisa menyebabkan tsunami dahsyat.

“Gunung Marsili memiliki lapisan rapuh dan bisa runtuh,” kata Ahli Vulkanologi Enzo Boschi kepada harian terkemuka Corriere della Sera.

“Bahkan bisa saja terjadi besok,” tambah Boschi, yang juga merupakan Presiden Institut Geofisika dan Vulkanologi Nasional (INGV).

Ia mengungkapkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa gunung tersebut tidak solid strukturnya dan pelapisnya sangat rapuh. Semua indikasi tersebut memberitahu bahwa gunung sedang aktif dan bisa meletus kapan saja.

Kejadian itu akan menghasilkan tsunami yang kuat, dan bisa menyerang kawasan pantai Campania, Calabria dan Sisilia.

Gunung Marsili yang berada di bawah laut, dengan tinggi 3 ribu meter dan berlokasi 150 km di barat daya Naples, belum pernah meletus sejak mulai tercatat dalam sejarah.

Gunung yang memiliki panjang 70 km dan lebar 30 km, kawahnya berada 450 meter di bawah permukaan laut Tyrrhenian.

“Satu retakan di dinding gunung akan mampu memicu jutaan meter kubik material yang kemudian menghasilkan gelombang yang sangat dahsyat. Meskipun indikasi yang terkumpul memang tepat, tetapi tidak mungkin membuat prediksi. Risikonya nyata tetapi sulit dievaluasi,” terang Boschi.(*/inc)

KOMENTAR