Peringati hari Bahasa Arab Sedunia atau World Arabic Language Day, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar seminar internasional, Senin, 18 Desember 2023 di ruang belajar Fakultas Tarbiyah, Kampus Paya Lipah. Seminar yang mengangkat tema “Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab untuk Memahami Alquran dan Sunnah (أهمية تعلم اللغة العربية لفهم الكتاب والسنة)” menghadirkan narasumber Syaikh Abdul Ghani yang merupakan dosen bahasa Arab asal Rusia. Ketua Program Studi PBA IAI Almuslim Aceh Hendri Julian MEd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pengembangan keterampilan berbahasa Arab dalam konteks pemahaman Alquran dan sunnah. Ia juga menekankan peran mahasiswa PBA IAI Almuslim Aceh sebagai agen perubahan dalam penyebaran ilmu keislaman. “Saya berharap peran mahasiswa PBA Kampus Paya Lipah kedepan menjadi agen perubahan dalam penyebaran ilmu keislaman,” sambut Hendri. Hendri juga menekankan komitmen institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab demi mencetak generasi yang mampu menjadi pemimpin dengan pemahaman agama yang kokoh. Seminar internasional ini juga menciptakan suasana akademis yang tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif, memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam eksplorasi ilmu keislaman, serta memupuk semangat untuk terus menggali pengetahuan guna memperkaya pemahaman terhadap bahasa Arab dan warisan intelektual Islam. Syaikh Abdul Ghani dalam paparannya, beliau menegaskan bahwa mempelajari bahasa Arab adalah bagian untuk memahami ajaran Islam. “Mempelajari bahasa Arab adalah kunci utama untuk memahami ajaran Islam secara lebih mendalam,” sebutnya. Ia juga memberikan apresiasi pada partisipasi aktif peserta seminar, terutama mahasiswa PBA yang dengan antusias menyimak dan mendukung interaksi yang produktif dalam forum ini. Selain sesi seminar, dalam kesempatan tersebut Kaprodi PBA juga melantik pengurus baru HMP PBA IAI Almuslim Aceh periode 2023-2024, yang terdiri dari Ketua Muhammad Khaidir, Wakil Ketua Ade Warni, Bendahara Mila Maulina, dan Sekretaris Ziaurrahmah. Turut pula diumumkan pemenang perlombaan bahasa Arab yang terdiri dari 2 (dua) cabang lomba, yaitu Puisi Bahasa Arab dan Taqdimul Qishash serta pembagian hadiah kepada para pemenang oleh dosen bahasa Arab IAI Almuslim Aceh Leni Erliana MPd.

PERINGATI hari Bahasa Arab Sedunia atau World Arabic Language Day, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar seminar internasional, Senin, 18 Desember 2023 di ruang belajar Fakultas Tarbiyah, Kampus Paya Lipah.

Seminar yang mengangkat tema “Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab untuk Memahami Alquran dan Sunnah (أهمية تعلم اللغة العربية لفهم الكتاب والسنة)” menghadirkan narasumber Syaikh Abdul Ghani yang merupakan dosen bahasa Arab asal Rusia.

Ketua Program Studi PBA IAI Almuslim Aceh Hendri Julian MEd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pengembangan keterampilan berbahasa Arab dalam konteks pemahaman Alquran dan sunnah. Ia juga menekankan peran mahasiswa PBA IAI Almuslim Aceh sebagai agen perubahan dalam penyebaran ilmu keislaman.

“Saya berharap peran mahasiswa PBA Kampus Paya Lipah kedepan menjadi agen perubahan dalam penyebaran ilmu keislaman,” sambut Hendri.

Hendri juga menekankan komitmen institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab demi mencetak generasi yang mampu menjadi pemimpin dengan pemahaman agama yang kokoh.

Seminar internasional ini juga menciptakan suasana akademis yang tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif, memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam eksplorasi ilmu keislaman, serta memupuk semangat untuk terus menggali pengetahuan guna memperkaya pemahaman terhadap bahasa Arab dan warisan intelektual Islam.

Syaikh Abdul Ghani dalam paparannya, beliau menegaskan bahwa mempelajari bahasa Arab adalah bagian untuk memahami ajaran Islam.

“Mempelajari bahasa Arab adalah kunci utama untuk memahami ajaran Islam secara lebih mendalam,” sebutnya.

Ia juga memberikan apresiasi pada partisipasi aktif peserta seminar, terutama mahasiswa PBA yang dengan antusias menyimak dan mendukung interaksi yang produktif dalam forum ini.

Selain sesi seminar, dalam kesempatan tersebut Kaprodi PBA juga melantik pengurus baru HMP PBA IAI Almuslim Aceh periode 2023-2024, yang terdiri dari Ketua Muhammad Khaidir, Wakil Ketua Ade Warni, Bendahara Mila Maulina, dan Sekretaris Ziaurrahmah.

Turut pula diumumkan pemenang perlombaan bahasa Arab yang terdiri dari 2 (dua) cabang lomba, yaitu Puisi Bahasa Arab dan Taqdimul Qishash serta pembagian hadiah kepada para pemenang oleh dosen bahasa Arab IAI Almuslim Aceh Leni Erliana MPd.