Bireuen – Untuk mensuplai air bersih kepada masyarakat yang tinggal di Kecamatan Kuta Blang, Gandapura dan Peusangan Siblah Krueng, PDAM Krueng Peusangan, Bireuen membangun Water Treatment Plant (WTP) di Desa Blang Mee, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen, mengingat banyak masyarakat butuh akan keperluan air bersih.

Air bersih yang dapat dikonsumsi itu disuplai untuk warga Kecamatan Kuta Blang, Gandapura dan Peusangan Siblah Krueng. Direktur PDAM Krueng Peusangan, Bireuen melalui, Isfadli Yahya mengatakan, selama ini kondisi air yang ada di tiga Kecamatan itu tidak layak untuk dikonsumsi karena alamnya sudah rusak. Bila air sungai keruh, air sumur masyarakat pun ikut keruh dan asin.

Disebutkannya, kapasitas WTP yang dipasang di sana 20 liter/detik dapat melayani sebanyak 2.500 rumah. “Dari 2.500 rumah itu kita kali 5 jiwa persembung berarti 12.500 jiwa bisa kita layani,” terangnya.

Sementara itu, Kepala PDAM Isfadli Yahya mengakui pada tahap pertama ini pihaknya belum dapat melayani semua masyarakat yang tinggal di tiga kecamatan itu karena belum ada pipa penyambungannya. “Tahap ini kita fokuskan untuk Kecamatan Kuta Blang, dua kecamatan lainnya yaitu, Gandapura dan Peusangan Siblah Krueng akan menyusul.

Isfadli Yahya menambahkan, WTP di Desa Blang Mee, Kecamatan Kuta Blang itu sebenarnya sudah dirintis pada 2009, namun baru sekarang WTP itu dapat terlaksanakan. Katanya lagi, sumber dana untuk WTP tersebut dari, APBN sebesar Rp 5,5 miliar, APBA sebesar Rp 1,5 miliar dan dari PADM Bireuen sebesar Rp 350 juta. (andalas)

KOMENTAR