Anda semua pasti menginginkan pesta pernikahan yang sempurna dan meriah, namun dana selalu menjadi kendala. Dalam mempersiapkan pernikahan, tentunya dibutuhkan tenaga dan juga dana yang tidak sedikit. Karena itulah Anda perlu menyiasati budget pernikahan Anda dengan seksama.

Ada beberapa tips dan trik dalam menyiasati budget pernikahan Anda yang terbatas. Berikut ini DuniaWedding hadirkan tips dan trik yang diberikan oleh Diany Pranata Chandra, pakar penikahan Bella Donna.

Harus tau pembagian budget pernikahan

Sekarang ini bukan pihak lelaki lagi yang harus menanggung biaya pernikahan. Biasanya kedua calon pengantin bersama-sama menanggung seluruh biaya pernikahan. Untuk menyiasati budget yang terbatas, sebaiknya buatlah daftar kebutuhan pernikahan Anda dari yang paling penting. Kemudian pangkas kebutuhan yang sekiranya dianggap tidak terlalu penting diperlukan. Prioritaskan hal-hal yang penting dalam prosesi dan acara pernikahan Anda.

Harus tau apa yang Anda inginkan

Hal ini untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan tidak merubah apapun yang sudah disepakati di awal. Perubahan yang terlalu sering pada konsep ataupun detail-detailnya lainnya bisa membuat budget Anda membengkak. Jadi, tentukan sedari awal konsep pernikahan yang Anda inginkan.

Manfaatkan teman/saudara

Anda bisa memanfaatkan jasa teman/saudara Anda untuk menyempurnakan moment pernikahan Anda. Contohnya, jika Anda punya saudara yang jago fotografi dan memiliki kamera yang oke, Anda bisa meminta bantuannya untuk mengabadikan moment penting Anda. Tentu saja ini akan menghemat budget yang Anda keluarkan untuk dokumentasi. Dengan catatan, mereka adalah professional.

Jangan sekali-kali meminta bantuan saudara Anda yang hanya sekedar bisa foto saja. Biarpun hemat, tapi jika moment bahagia Anda tidak terekam dengan baik, buat apa?

Perhatikan jumlah undangan

Jika budget Anda terbatas, tentunya Anda harus memperhatikan jumlah undangan yang hadir. Karena semakin banyak undangan, maka biaya untuk konsumsi akan membengkak. Cukup dengan mengundang keluarga dan teman-teman terdekat sudah tentu melengkapi kegembiraan Anda dan pasangan.

Gunakan jasa wedding organizer professional

Meskipun sudah ada panitia dari pihak keluarga, tapi jasa wedding organizer juga dibutuhkan. Selain mengorganisir acara pernikahan, wedding organizer juga dapat menjadi pengingat kedua calon pengantin akan konsep pernikahan mereka. Kembali ke soal konsep pernikahan, wedding organizer bisa menjadi pengingat dan mengembalikan calon pengantin yang biasanya melenceng dari konsep awal.

Wedding organizer yang professional pasti mengingatkan kliennya untuk tetap focus pada rencana awal agar tidak terjadi pembengkakan pada budget pernikahan Anda nantinya. (Katharina S. Menge / Dunia Wedding)

KOMENTAR