Nasi Briyani AcehSiapa yang tidak mengenal dengan nasi yang berwarna kuning ini, mulai dari rumpun Melayu sampai ke negeri Indonesia, nasi Briyani menjadi salah satu kuliner yang termasyur di dunia.

Di Aceh sendiri, nasi briyani sangat sering di jumpai pada masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya dan daerah ini memang terkenal dengan nasi Briyaninya bahkan sampai ke luar daerah.

Bukan karena namanya yang mendunia, nasi briyani khas India yang ada di Aceh tentu punya rasa yang berbeda. Hal itulah yang menyebabkan salah satu perbedaan dari nasi Briyani kebanyakan.

Nasi yang dimasak bersama daging kambing ataupun daging sapi itu menggunakan belasan jenis bumbu dan rempah-rempah khas di Aceh. Hasil perpaduan dari berbagai bumbu tersebut menjadikan kualitas dan rasa nasi Briyani menjadi sangat aromatik dan tentu lezat untuk disantap.

Tidak jarang juga, nasi Briyani juga sering dilengkapi dengan lauk ayam goreng yang dimasak khusus lengkap dengan sambalnya.

Padahal jika menurut sejarahnya, masakan nasi Briyani memang dari tanah Hindustan, India, sedangkan kepopulerannya di Aceh sendiri karena memang penduduk di daerah Meureudu mayoritasnya berasal dari keturunan India. Jadi, jangan heran rasa nasi berwarna kuning ini di Aceh lebih sangat khas tentunya.

Tertarik ingin mencobanya? Anda bisa jalan-jalan ke ibu kota Pidie Jaya untuk menemukan nasi Briyani dengan rasa lokal Aceh yang pasti bikin mendunia.[]

KOMENTAR