TIME 2013
TIME 2013
TIME 2013
TIME 2013

TAHUN ini kota Padang, Sumatera Bara, akan menjadi tuan rumah Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) atau Pasar Wisata Indonesia yang berlangsung di Grand Inna Muara Hotel & Convention Centre pada 18-21 Oktober 2013.

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-19, TIME bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional dan melanjutkan promosi industri pariwisata Indonesia di pasar dunia.

Menurut Chairperson TIME 2013, Meity Robot, dalam perjalanan selama 18 tahun, TIME telah diselenggarakan di pulau Jawa dan kawasan Indonesia bagian timur (Makasar dan Lombok). Pertama kali TIME di selenggarakan di Pulau Sumatera adalah di Lampung selama dua tahun berturut-turut.

“Perpindahan tempat penyelenggaraan TIME ke Sumatera Barat bertujuan tidak hanya untuk mempromosikan Sumatera Barat ke pasar internasional sebagai destinasi tetapi menempatkan Sumatera sebagai posisi strategis kepariwisataan, serta mendorong perbaikan dan peningkatan infrastruktur, fasilitas pariwisata, dan obyek wisata di kawasan tersebut sehingga dapat menjadi salah satu tujuan wisata dunia,” Papar Meity.

Sumatera Barat menjadi destinasi yang strategis di Indonesia tak hanya karena akses, tetapi juga ketersediaan sarana seperti akomodasi serta atraksi yang lengkap.

“Dengan menjadi tuan rumah TIME, maka para pebisnis wisata dari mancanegara (buyer) dapat melihat potensi pasar dan mempromosikan produk wisata yang baru di pasarnya masing-masing. sekaligus memberikan kesempatan kepada pelaku wisata lokal untuk menjual produk mereka di luar negeri,” lanjut Meity.

Meity melanjutkan, dari sisi akses, Sumatera memiliki enam pintu jalur udara, yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Batam. Keenam pintu masuk ini terkoneksi dengan Singapura dan Kuala Lumpur sebagai regional hub untuk menarik wisatawan mancanegara.

TIME merupakan satu-satunya ajang pertemuan business to business antara industri pariwisata Indonesia dan mancanegara. TIME telah tercatat dalam kalendar internasional travel mart bersama dengan ITB Berlin, WTM London, Arabian Travel Mart (ATM), PATA Travel Mart, dan lain-lain. (tourismnews.co.id)

KOMENTAR