Lhokseumawe — Gampong Keude Bungkaih, Kecamatan Muata Batu, Aceh Utara dinobatkan sebagai juara III gampong terbaik tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM).

Pemilihan gampong terbaik ini berlangsung setiap tahun untuk memilih desa teladan di Aceh. Sementara gampong Setui, Kota Banda Aceh, meraih juara satu dan juara dua gampong di Kabupaten Pidie Jaya.

“Kita mewakili Kabupaten Aceh Utara untuk mengikuti perlombaan tingkat provinsi. Tim penilai dari provinsi turun ke desa untuk memberikan penilaian kembali, dan Gampong Bungkaih ditetapkan sebagai juara tiga,” kata Camat Muara Batu, Saiful Basri kepada Analisa, Selasa (26/6).

Dikatakan, sebenarnya Gam pong Bungkaih meraih juara satu, tetapi pada saat presentasi akhir kalah karena tidak mampu mengoperasikan aplikasi administrasi.

“Aplikasi ini jangankan warga desa, untuk pegawai tingkat kecamatan saja belum mengusainya, sedangkan penilaian dokumentasi administrasi dan verifikasi lapangan sangat bagus,” ungkapnya.

Saiful Basri menyebutkan, prestasi yang telah berhasil diraih masyarakat gampong sangat menggembirakan dan membanggakan, karena ini belum pernah ada.

“Ini sangat membanggakan, karena sebelumnya jangankan tingkat provinsi untuk tingkat kabupaten tidak pernah juara, dan semoga saja semangat masyarakat untuk berpartisisipasi membangun dan menjaga gampong semakin terpacu,” harapnya.

Camat mengucapkan terimakasih kepada warga atas kekompakan dan kebersamaan yang sangat antusias menyiapkan berbagai hal untuk mengikuti perlombaan gampong.

Dia berharap seluruh desa yang berada dalam wilayah tugasnya untuk senantiasa kompak dan terus berpartisipasi dalam membangun gampong di berbagai lini. (analisadaily.com)

KOMENTAR