Bireuen, Seputar Aceh – Pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bireuen, hingga Kamis (12/11) siang, mendekati angka 5.000. Pendaftar diperkirakan membludak menjelang penutupan pendaftaran 18 November nanti.

“Sejauh ini jumlah pelamar mencapai 4.755 orang untuk seluruh formasi, sedangkan formasi umum yang dibuka tahun 2009 di Bireuen hanya 297 orang,” ujar Bob Miswar, Kepala Bidang Diklat di BKPP Bireuen.

Menurut Bob ada dua formasi yang hingga kemarin belum dilamar oleh pendaftar, yakni dokter gigi (satu formasi) D-3 anastesi (dua formasi).

Menurut data, dari 4.755 pendaftar terdapat 2.558 pelamar tenaga pendidik, 1.390 orang untuk tenaga kesehatan dan 809 orang untuk tenaga teknis. “Pendaftar terbanyak yakni D-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dengan jumlah 1.177 orang, yang memperebutkan 24 formasi,” katanya.

Bob mengatakan, sesuai aturan yang ada, meskipun pelamar pada satu formasi hanya satu orang atau sama dengan formasi yang tersedia, tidak serta merta calon tersebut lolos menjadi CPNS.

“Semua tergantung pada standar nilai ujian yang telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya lagi. [sa-mhs]

KOMENTAR