Bireuen, Seputar Aceh – Komisi Nasional (Komnas) Perempuan bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Paska menggelar semiloka bertajuk penguatan fungsi dan kinerja DPRD dalam upaya menegakkan hak konstitusional dan kinerja DPRD, Kamis (12/11) di Aula Grand Hotel Blang Raya, Desa Meunasah Blang, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.

“Tujuannya untuk memunculkan kekuatan politik yang mampu menegakan hak-hak konstitusional warganegara, khususnya perempuan dan minoritas,” kata Darman Sekretaris Manager Paska.

Selain kata dia, semiloka itu juga bertujuan memberikan dukungan pengetahuan, keahlian, dan informasi, dalam upaya menghasilkan dan memperjuangkan peraturan perundangan dan kebijakan yang lebih menjamin hak-hak konstitusional warganegara di tingkat lokal.

“Dari semiloka ini, diharapkan akan disusun pendekatan dan strategi advokasi untuk memberdayakan kelompok kerja perubahan, agar mampu memprakarsai legislasi yang menghormati hak-hak warganegara dan meninjau kembali kebijakan yang menimbulkan ekses diskriminatif dan cenderung tidak efektif diterapkan,” jelas Darman. [sa-des]

KOMENTAR