BILA ingin berselancar di dunia maya, tentu tidak pernah luput untuk menggunakan browser sebagai media penghubungnya. Hal ini membuat beberapa perusahaan besar pembuat aplikasi browser tidak pernah berhenti bersaing.

Salah satunya terlihat dari empat browser yang saat ini mencapai kejayaan seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Opera dan juga Google Chrome.

Dari segi aspek yang ditampilkan keempat browser tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari performance serta bugs yang terdapat di beberapa fitur.

Untuk Firefox misalnya, dengan keunggulan add-ons yang dimilikinya membuat para pengguna sangat menikmati manfaat fasilitas tersebut. Sedangkan pada IE sendiri, sebagai pioneer dari pengembangan browser pertama ini kini menggaet aplikasi (plugin) dari Frame Google untuk meningkatkan kecepatan aksesnya dalam menangani berbagai aplikasi web yang lebih canggih.

Tidak ketinggalan juga dengan teknologi Opera, yang merupakan browser multiplatform pemilik beragam fitur sampai ke tingkat mobile (Opera Mini), membuat mereka kian sukses. Namun, untuk Google Chrome sendiri memang disadari masih menjadi pemula di dunia browser, dengan versi betanya yang sekarang beredar tetap membuat para penggunanya betah dan nyaman.

Seperti yang dilansir oleh media timesonline.co.uk, pengguna browser IE mengalami penurunan dari 67 persen menjadi 65,7 persen. Paling populer digunakan saat ini yaitu Firefox, yang sebelumnya hanya pada angka 23 persen kini naik menjadi 23,8 persen.

Untuk Opera sendiri, sampai Juli 2009, tercatat 29,1 juta orang menggunakan Opera Mini. Angka ini naik 9,9 persen dibanding bulan sebelumnya. Dan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peningkatan mencapai 145 persen. Sedangkan Google Chrome memiliki 3,2 atau sekitar 30 juta pengguna di seluruh dunia. [sa-aulia]

KOMENTAR